Rabu, 17/04/2024 - 06:05 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Setelah Liburan Panjang Malah Stres? Atasi dengan Cara Ini

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Setelah melakoni liburan panjang, apa yang Anda rasakan? Apakah merasa bersemangat atau justru malah tidak siap atau stres menghadapi rutinitas harian?

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Psikolog klinis dewasa dari Ikatan Psikolog Klinis wilayah Banten Mega Tala Harimukthi mengatakan, salah satu cara mencegah stres seusai liburan ialah dengan mengelola ekspektasi karena terkadang liburan berjalan tidak sesuai harapan. “Begitu pun setelah balik, kadang-kadang kita berharap habis liburan itu sudah punya semangat. Tetapi setelah liburan malah capek, enggak siap menghadapi pekerjaan. Jadi perlu tetap mengelola ekspektasi walaupun sedang berlibur,” kata dia saat dihubungi di Jakarta, Jumat (9/2/2024). st

ADVERTISEMENTS

Mega berpendapat stres seusai liburan kebanyakan dialami kaum muda khususnya Generasi Z dan Milenial, dengan angka kasus yang dia temui sekitar 4-5 orang. Menurut dia, selain karena tak mengelola ekspektasi, mereka juga bisa mengalami stres karena konflik selama liburan, khususnya bagi yang bepergian bersama teman-teman. Konflik ini bisa menyebabkan seseorang tak bisa menikmati liburan.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Kata Dokter, Puasa Sehatkan Otak Penderita Stroke, Ini Penjelasannya

“Jadi setelah liburan, yang ada mereka bukan refresh (segar) tetapi stres, merasa tidak sepenuhnya mendapatkan yang diharapkan. Jadi, baliknya ke ekspektasi,” kata Mega.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah

Di sisi lain, stres juga bisa muncul karena memaksakan berlibur dan tak merencanakan dengan baik termasuk menyesuaikan dengan kemampuan. Oleh karena itu, Mega mengingatkan masyarakat untuk mempersiapkan liburan secara baik mulai dari anggaran, rekan yang diajak berlibur dan lagi-lagi tentang mengelola ekspektasi.

Selain itu, dia menyarankan orang-orang menjadikan liburan cara untuk lari dari masalah yang dihadapi sehari-hari dan saat kondisi sedang stres. “Misal masalah di pekerjaan, kemudian larinya liburan. Begitu selesai liburan, balik lagi ke settingan masalah awal, ya enggak selesai-selesai,” tutur dia yang menyarankan orang-orang berlibur demi menyeimbangkan kondisi fisik, mental, pikiran serta menyelaraskan kehidupan sehari-hari itu.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Benarkah Anjing Bisa Endus Trauma Masa Lalu dari Napas Manusia?

Mega menyebut, sebagian orang memanfaatkan libur panjang termasuk pekan ini yakni dalam rangka Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, tahun baru Imlek, untuk berlibur baik itu bersama keluarga ataupun teman-teman. Bagi mereka yang warga sekitar Jakarta ataupun warga Jakarta yang ingin berlibur di Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggandeng berbagai pihak mengadakan beragam acara di Jakarta sejak Kamis (8/2/2024) hingga 11 Februari, antara lain Underwater Dragon Show & Mermaid di Seaworld Ancol, atraksi Barongsai di Mall of Indonesia. Kemudian, ada juga acara Imlekan di Taman Atraksi Barongsai yang berlokasi di Taman Literasi Martha C Tiahahu, Jakarta Selatan serta Festival Pecinan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi