Sabtu, 20/04/2024 - 07:30 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Drone Emprit: Kampanye Akbar di JIS Unggul Dibanding GBK

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH – Pada Sabtu (10/2/2024) kemarin Dua paslon sama-sama menggelar kampanye akbar penutup di Jakarta,  Paslon satu di Jakarta International Stadium (JIS), lainnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUDua event besar ini mendapat sorotan dari analis media sosial Drone Emprit dengan mengamati kata kunci ‘JIS’, lokasi kampanye akbar pasangan calon nomor urut 1 Anies-Muhaimin Iskandar, mengungguli ‘GBK’, tempat kampanye akbar paslon 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, di media sosial.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Berdasarkan pengamatan Juru Bicara Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN), Billy David, mengatakan pendukung “yang bisa masuk di dalam pastinya 100 ribuan orang.”

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Terlepas kesulitan untuk mengonfirmasi angka resmi pendukung yang hadir, media sosial jelas diramaikan oleh JIS dan GBK pada Sabtu (10/2). Mana yang lebih unggul?

ADVERTISEMENTS

Ismail Fahmi, Pendiri Drone Emprit mengungkap JIS lebih banyak mendapat perhatian di beberapa platform media sosial dan media online.

Kesimpulan ini berdasarkan analisis terhadap kata kunci (keyword) ‘JIS’ dan ‘GBK’ di Twitter, Intagram, YouTube, dan media online pada periode Rabu (7/2) hingga Sabtu (10/2).

Di semua kanal (Twitter, News, Instagram, YouTube) yang dimonitor selama periode 7-10 Februari 2024, JIS mendapatkan jumlah mention dan interaksi yang lebih tinggi dibandingkan GBK,” tuturnya, di akun Twitter atau X.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Apakah PDIP dan PKS Akan Berkoalisi Pasca Pemilu 2024?

“Ini memperlihatkan minat netizen di platform media sosial tersebut dan media online yang lebih tinggi tentang JIS yang menjadi lokasi kampanye terakhir paslon 01 dibandingkan GBK yang menjadi lokasi paslon 02.”

Berikut rincian tiap platformnya:

Twitter

JIS unggul terhadap GBK di Twitter dalam hal volume percakapan, yakni 310 ribu (77 persen) berbanding 93 ribu (23 persen).

“Volume percakapan tentang JIS jauh lebih besar dibandingkan tentang GBK. Ini memperlihatkan tingginya minat netizen untuk membicarakan kedua lokasi kampanye akbar tersebut.”

Media online

Pada periode 7-10 Februari, media online tercatat lebih banyak menyebut JIS daripada GBK. Puncak pemberitaan terjadi pada 10 Februari dengan 7 ribuan mention tentang JIS berbanding 2 ribuan mention tentang GBK.

Totalnya, JIS mencapai 13.600 mention (82 persen), dan GBK 3.000 mention (18 persen)

Instagram

Drone Emprit menyebut tren mention tentang JIS awalnya lebih tinggi dibandingkan GBK.

“Menjelang hari H kampanye, tren JIS masih lebih tinggi, namun tidak jauh beda dengan GBK,” lanjut Ismail.

Volume mention di Instagram secara keseluruhan adalah 340 mention (60 persen) untuk JIS dan 227 mention (40 persen) untuk GBK.

Berita Lainnya:
Gempa Berkekuatan 7.5 Magnitudo Terjadi di Keerom, Dirasakan Warga Jayapura dan Nabire Papua

Tren interaksinya juga menunjukkan JIS lebih besar dengan 1,5 juta interaksi (72 persen), dan GBK 598 ribu interaksi (28 persen).

YouTube

Ismail mengungkap tren jumlah video di YouTube yang mengangkat JIS selalu lebih besar dibandingkan tentang GBK.

“Puncaknya pada hari H, setidaknya ada 417 video tentang JIS dan 150 video tentang GBK.”

Totalnya, jumlah video YouTube tentang kata kunci JIS mencapai 1.033 video (77 persen), sementara GBK 312 video (23 persen).

Tren total interaksi pada video tentang JIS pun selalu lebih besar dibandingkan tentang GBK, dengan 17,7 juta interaksi (65 persen) buat JIS dan 9,6 juta interaksi (35 persen) buat GBK.

Google Trends

Ismail juga mengungkap pencarian tentang JIS dan GBK dalam 7 hari terakhir memperlihatkan volume pencarian untuk JIS sedikit lebih tinggi dibandingkan untuk GBK

Fenomena ini berbeda dengan laporan publikasi dari berbagai lembaga survey yang selalu mengklaim pasangan Prabowo – Gibran mengungguli perolehan elektabilitas dari dua paslon yang jadi lawan utamanya. []

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi