Sabtu, 27/07/2024 - 08:18 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Tinta Pemilu Bikin Wudhu tidak Sah? Ini Penjelasan MUI

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

Warga memperlihatkan jari kelingking yang sudah dicelupkan tinta saat simulasi pemungutan suara Pemilu 2024 di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Rabu (17/1/2024). KPU Kota Jakarta Pusat menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) jelang Pemilu 2024. Kegiatan dilaksanakan untuk memberikan pengenalan kepada pemilih tahapan proses yang harus dilalui saat proses pemungutan suara. Simulasi tersebut menghadrikan empat jenis surat suara yaitu surat suara Presiden, DPR, DPD dan DPRD Provinsi.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

JAKARTA — Pemilu 2024 sedang berlangsung, Rabu (14/2/2024). Usai mencoblos, pemilih mencelupkan jari ke tinta sebagai tanda sudah mencoblos atau menggunakan hak pilih. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Tinta tersebut dikenakan pada jari, yang termasuk area anggota tubuh yang harus terbasuh air wudhu. Apakah tinta pemilu dapat membuat wudhu tidak sah?

Berita Lainnya:
Imam Mahdi akan Datang Sebagai Khalifah, Apa Maksudnya?
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Miftahul Huda menjelaskan, dalam industri sertifikasi halal, tinta pemilu digolongkan ke dalam barang gunaan. MUI pun telah mengeluarkan keputusan tentang pedoman sertifikasi halal barang gunaan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Dalam sertifikasi halal barang gunaan ada dua mekanisme. Mekanisme pertama adalah dengan Ketetapan Halal. Adapun kriteria barang gunaan yang disertifikasi halal melalui Ketetapan Halal, pertama ialah produk yang berbahan atau mengandung unsur biologis (hewani).

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

“Kedua, barang gunaan yang bersentuhan langsung dengan produk atau bahan makanan dan minuman, dan ketiga yakni barang gunaan yang dipakai untuk beribadah,” jelas Kiai Miftah kepada Republika.co.id, Rabu (14/2/2024).

Berita Lainnya:
55 Tanda Kiamat Kecil yang Sebagian Telah Terjadi, Termasuk Budak Melahirkan Tuannya
ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Mekanisme kedua, yaitu produk barang gunaan yang ditetapkan melalui Rekomendasi Kesesuaian Syariah. Ini meliputi barang-barang selain pada kriteria di atas seperti alat permainan, hiasan rumah tangga, dan lainnya.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Karena itu, Kiai Miftah menyampaikan, terkait dengan tinta pemilu, karena digunakan secara melekat pada anggota tubuh maka dipersyaratkan adanya sertifikasi halal. Hal yang perlu disoroti dalam hal ini, menurutnya, ialah kesucian bahan yang digunakan dan apakah tidak tembus air (waterproof).

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

“Jadi wudhu seseorang bisa tidak sah karena tinta pemilu jika bahannya ada unsur najis atau sifatnya tidak tembus air yang dapat menghalangi air wudhu membasahi jari. Dan jari termasuk anggota tubuh yang harus dibasuh,” katanya.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

وَتَحْسَبُهُمْ أَيْقَاظًا وَهُمْ رُقُودٌ ۚ وَنُقَلِّبُهُمْ ذَاتَ الْيَمِينِ وَذَاتَ الشِّمَالِ ۖ وَكَلْبُهُم بَاسِطٌ ذِرَاعَيْهِ بِالْوَصِيدِ ۚ لَوِ اطَّلَعْتَ عَلَيْهِمْ لَوَلَّيْتَ مِنْهُمْ فِرَارًا وَلَمُلِئْتَ مِنْهُمْ رُعْبًا الكهف [18] Listen
And you would think them awake, while they were asleep. And We turned them to the right and to the left, while their dog stretched his forelegs at the entrance. If you had looked at them, you would have turned from them in flight and been filled by them with terror. Al-Kahf ( The Cave ) [18] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi