Sabtu, 27/07/2024 - 08:09 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

KPAI: Tren Kekerasan pada Anak Bagai Fenomena Gunung Es

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

Petugas gali kubur mengenakan apd saat akan melakukan proses ekshumasi jenazah anak dari artis Tamara Tyasmara di TPU Jeruk Purut, Jakarta, Selasa (6/2/2024). Ditreskrimum Polda Metro Jaya bersama tim Forensik RS Polri melakukan ekshumasi terhadap korban anak dari artis Tamara Tyasmara nerinisial D (6) yang tenggelam di kolam renang kawasan Jakarta Timur untuk dilakukan proses penyelidikan atau penyidikan dengan mengutamakan pembuktian melalui scientific investigation crime dalam mengungkap penyebab kematian korban.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

 JAKARTA — Kasus kematian Raden Adante Khalif Pramudityo alias Dante (6 tahun) menyita perhatian publik belakangan. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengungkapkan, tren kasus kekerasan terhadap anak yang memang mengalami peningkatan. KPAI melihat kasus-kasus kekerasan terhadap anak yang muncul ke publik atau yang dilaporkan bagaikan fenomena gunung es.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024
Berita Lainnya:
6 Cara Sederhana Cegah Demensia

“Kalau dilihat tren kasus kekerasan terhadap anak dalam aduan KPAI yang terlaporkan terus meningkat dan kita melihatnya seperti fenomena gunung es,” ucap Wakil Ketua KPAI Jasra Putra kepada Kamis (15/2/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Jasra mengatakan, kasus kekerasan terhadap anak rata-rata dilakukan oleh orang terdekat dengan relasi kuasa yang tidak seimbang. Keluarga yang seharusnya menjadi pelindung anak, tapi ternyata menjadi pelaku kekerasan. Kasus-kasus semacam itu, kata dia, perlu dilihat lebih jauh dan dalam betapa keluarga tidak bisa berfungsi, terutama dari sisi perlindungan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

“Tentu harus dilihat lebih jauh dan dalam betapa keluarga tidak bisa berfungsi terutama dari perlindungan. Beragamnya situasi pengasuhan keluarga menjadi salah satu tantangan bagi dunia perlindungan anak,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Menurut Jasra, penting untuk meningkatkan peran keluarga dalam perlindungan anak penting. Keluarga juga perlu dipastikan paham bagaimana cara mengasuh anak secara baik sehingga lingkungan yang tidak bertanggung jawab bisa dihindari.

Berita Lainnya:
Manfaat Wortel: Tak Hanya Baik untuk Mata tapi Juga Kulit
ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

“Maka salah satu upaya kebijakan hulu terkait RUU Pengasuhan penting segra disyahkan oleh DPR. Agar gap pengasuhan yang beragam baik anak berada dikeluarga maupun lembaga pendidikan atau pengasuhan bisa seragam dalam merespon serta memitigasi persoalan-persoalan anak,” jelas dia.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Sebab, kata Jasra, berbagai kasus perlindungan anak sering kita terlambat menyelesaikanya dan bahkan sudah menjadi puncak yang menumpuk berbagai persoalan anak. Anak tidak sekuat orang dewasa yang bisa melawan berbagai ancaman yang membahayakan diri anak itu sendiri. Bahkan anak sendiri tidak mengetahui berbagai ancaman yang membahayakan tersebut, pikiranya sangat mudah dibelokan.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Peran masyarakat perlu….

 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

فَانطَلَقَا حَتَّىٰ إِذَا لَقِيَا غُلَامًا فَقَتَلَهُ قَالَ أَقَتَلْتَ نَفْسًا زَكِيَّةً بِغَيْرِ نَفْسٍ لَّقَدْ جِئْتَ شَيْئًا نُّكْرًا الكهف [74] Listen
So they set out, until when they met a boy, al-Khidh r killed him. [Moses] said, "Have you killed a pure soul for other than [having killed] a soul? You have certainly done a deplorable thing." Al-Kahf ( The Cave ) [74] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi