Rabu, 22/05/2024 - 00:28 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Pesawat Pengebom Rusia Bertolak, Ukraina Keluarkan Peringatan Serangan Udara Nasional 

 KIEV — Pemerintah Ukraina mengeluarkan peringatan udara nasional pada Kamis (15/2/2024) pagi waktu setempat. Hal itu merespons adanya sejumlah pesawat pengebom Rusia yang lepas landas dari pangkalan udara Rusia.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Lepas landas beberapa Tu-95MS dari lapangan terbang Olenya (wilayah Murmansk, Federasi Rusia) tercatat,” kata Angkatan Udara Ukraina dalam sebuah unggahan di akun Telegram-nya.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Dalam unggahan berikutnya, Angkatan Udara Ukraina menambahkan bahwa rudal sedang bergerak menuju Kiev. Pada Desember tahun lalu, Rusia mengerahkan pesawat Tu-95MS untuk melakukan pengeboman di sejumlah kota di Ukraina, termasuk ibu kota Kiev. Serangkaian serangan itu menewaskan sekitar 39 orang.

Pada Rabu lalu, Ukraina mengatakan berhasil menghancurkan dan menenggelamkan kapal perang pendarat Rusia di lepas pantai Krimea. Kiev menggunakan pesawat nirawak (drone) dalam melancarkan operasi tersebut.

“Angkatan Bersenjata Ukraina, bersama dengan unit intelijen Kementerian Pertahanan, menghancurkan kapal pendarat besar Tsezar Kunikov. Saat serangan terjadi, kapal tersebut berada di perairan teritorial Ukraina dekat Alupka,” kata Angkatan Bersenjata Ukraina dalam sebuah keterangan yang dirilis lewat akun Telegram-nya, Rabu lalu.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
NATO Bantah Rencana Kehadiran Serdadu Tempur Sekutu di Ukraina

Kota resor Laut Hitam Alupka terletak tidak jauh dari Yalta, di tepi selatan Krimea yang direbut dan dianeksasi pasukan Rusia dari Ukraina pada 2014. Badan intelijen militer Ukraina, GUR, mengatakan kapal Tsezar Kunikov tampaknya membawa muatan ketika tenggelam. Sebelum diserang, kapal tersebut telah menghabiskan sekitar 10 hari di tempat pemuatan yang digunakan oleh militer Rusia.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Lewat akun Telegram-nya, militer Ukraina merilis rekaman video kasar yang memperlihatkan operasi penyerangan terhadap Tsezar Kunikov. Dalam video tersebut, Ukraina mengerahkan beberapa drone angkatan laut yang bergerak mendekati sebuah kapal besar pada malam hari. Tak lama kemudian muncul sebuah ledakan besar dari kapal tersebut. Salah satu drone tampaknya menubruk kapal perang tersebut.

Beberapa rekaman di bagian akhir tampak menunjukkan kerusakan besar dengan kapal yang miring ke satu sisi. “Singkatnya, Tsezar Kunikov mengalami kerusakan kritis di sisi kiri kapal dan mulai tenggelam,” kata GUR.

ADVERTISEMENTS

Lokasi dan tanggal pengambilan video yang dirilis militer Ukraina tidak dapat diverifikasi secara independen. Namun dapat terverifikasi bahwa kapal yang diserang drone Ukraina adalah Tsezar Kunikov dari Armada Laut Hitam Rusia. Belum ada komentar langsung dari Rusia terkait penyerangan tersebut.

ADVERTISEMENTS

Pada Desember tahun lalu, seorang pejabat senior keamanan Ukraina mengungkapkan, mereka telah menghancurkan 20 persen Armada Laut Hitam Rusia. Juru bicara Angkatan Laut Ukraina Dmytro Pletenchuk mengatakan Rusia memiliki lima kapal pendarat besar yang tersisa di Laut Hitam.

Berita Lainnya:
Rusia Masukkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dalam Daftar Buronan

Militer Ukraina mengatakan bahwa mereka telah “menghancurkan” 25 kapal dan kapal militer Rusia serta satu kapal selam sejak pecahnya perang hingga saat ini. Perang Rusia-Ukraina sudah berlangsung dua tahun, terhitung sejak Februari 2022.

sumber : Re

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi