JAKARTA — Belanja secara daring memang memudahkan. Sebab selain menghemat waktu juga tenaga karena bisa dilakukan dimana saja. Namun, sayangnya seringkali pilihan produk tak sesuai dengan keinginan atau bahkan kita berubah pikiran sehingga ingin mengembalikan produk.
Sebagai e-commerce yang berupaya memahami kebutuhan masyarakat Indonesia, Shopee terus mengeksplor dan menciptakan solusi yang mampu meningkatkan pengalaman belanja online pengguna dengan peluncuran inovasi terbaru, Garansi Bebas Pengembalian. Program ini memungkinkan pembeli untuk melakukan pengembalian barang dengan mudah, tidak hanya ketika barang yang diterima tidak sesuai, namun juga ketika pengguna berubah pikiran saat pesanan sampai, asalkan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
Dihadirkan sejak pertengahan Februari, program Garansi Bebas Pengembalian kini bisa dinikmati kapan saja oleh para pengguna. Selain kemudahan untuk pembeli, penjual juga akan mendapatkan keuntungan tambahan yakni dapat menarik pembeli baru hingga memicu potensi pembelian berulang.
Monica Vionna, Director Marketing Growth Shopee Indonesia mengatakan, menjadi destinasi e-commerce yang dapat menjawab berbagai permintaan masyarakat merupakan komitmen utama Shopee. Shopee ingin para pengguna selalu merasakan pelayanan terbaik dan pengalaman menyenangkan dalam setiap kegiatan belanja online melalui segala program yang ada, baik itu pembeli dan penjual.
Menurut Monica, berbagai masukan yang diberikan oleh pengguna tentu menjadi inspirasi untuk berinovasi. Maka dari itu, program Garansi Bebas Pengembalian diciptakan untuk menambah kenyamanan dan memberikan kemudahan dalam belanja pengguna.
Program ini diluncurkan sebagai bagian dari rangkaian kampanye Shopee 3.3 sehingga dapat menjadi momen yang tepat bagi masyarakat Indonesia saat berbelanja berbagai produk fashion lewat Shopee. “Selain menikmati ragam promo menarik, berbagai fitur dan kemudahan yang Shopee tawarkan ini diharapkan dapat terus menciptakan kenyamanan dan rasa aman untuk berbelanja online bagi seluruh ekosistem kami,” ujar Monica.
Inovasi baru untuk kenyamanan belanja pengguna
Kini dengan Garansi Bebas Pengembalian, ketika barang yang sampai tidak sesuai dengan deskripsi atau foto maupun pengguna mendadak berubah pikiran, kini dapat melakukan pengembalian barang dengan cara yang mudah sesuai syarat dan ketentuan berlaku. Berikut langkah mudah dan praktis untuk menikmati belanja lebih nyaman dengan Garansi Bebas Pengembalian:
– Belanja produk yang tercantum label ‘Bebas Pengembalian’: Ketika memilih produk yang ingin dibeli, pastikan produk memiliki label ‘Bebas Pengembalian’. Kemudian, kamu bisa klik ikon ‘Keranjang’ untuk memasukkan produk ke keranjang belanja Shopee atau klik ‘Beli Sekarang’ pada laman produk. checkout belanjaan dan tunggu hingga pesanan sampai di tujuan.
– Hanya satu langkah untuk mengembalikan pesanan: Ketika pesanan sampai dan kamu berubah pikiran, kamu bisa mengajukan pengembalian barang dengan klik ‘Ajukan Pengembalian’ pada pesanan yang ingin dikembalikan. Klik ‘Saya telah menerima pesanan namun ada masalah’ dan pilih ‘Bebas Pengembalian’ saat memilih alasan pengembalian barang. Pastikan solusi yang tercantum di layar adalah ‘Pengembalian Barang & Dana’, kemudian klik ‘ Konfirmasi’.
– Pastikan telah mengikuti syarat & ketentuan yang berlaku: Saat membuka paket, pastikan jangan sampai merusak bungkus dan melepas label barang. Pastikan barang yang dikembalikan ke penjual dalam kondisi yang sama seperti saat diterima dan menggunakan kemasan original seperti saat dikirim. Kamu bisa melampirkan video ketika membuka paket sebagai bukti pendukung permintaan pengembalian barang. Untuk syarat & ketentuan yang lebih lengkap, dapat kamu cek disini!
– Kirim kembali sebelum masa garansi berakhir: Kirim paket yang ingin dikembalikan dalam waktu 5 hari kerja dengan menggunakan opsi ‘Pengiriman’ atau ‘Atur Sendiri’. Produk yang dikembalikan akan diperiksa kondisinya oleh penjual dan kamu akan menerima pengembalian dana melalui metode pembayaran yang tersedia di Shopee.