Sabtu, 20/04/2024 - 07:34 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Pakar: Pentingnya Perawatan Gigi pada Bayi untuk Cegah Karies

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Pertumbuhan gigi bayi untuk memberi jalan bagi gigi permanen namun lebih penting lagi terletak pada merawat gigi susu yang kecil itu dan menjaga kebersihan mulut dengan benar. Karies gigi adalah masalah gigi nomor satu yang dialami anak-anak saat ini.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Kesehatan gigi yang lebih dikenal sebagai kesehatan mulut sangat penting bagi anak-anak karena kesehatan mulut yang optimal sejak kecil akan membantu Anda untuk kesehatan dan kesejahteraan seumur hidup,” kata Profesor Asisten Klinis di Departemen Kedokteran Gigi Anak di Fakultas Kedokteran Gigi New York University (NYU) Dr Sarah Khan dikutip dari Medical Daily, Ahad (25/2/2024).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Meskipun gigi susu (juga dikenal sebagai gigi susu atau gigi bayi) akhirnya akan tanggal, mereka sangat penting untuk membiarkan gigi dewasa tumbuh dalam posisi yang tepat, membantu perkembangan bicara dan bahasa serta berkontribusi pada rasa percaya diri anak,” lanjut Khan kepada Medical Daily.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Tiba-Tiba ‘Putus’ Minum Kopi Saat Puasa, Ini Pengaruhnya pada Tubuh

Karies gigi, juga dikenal sebagai gigi berlubang, adalah kondisi kronis nomor satu yang dihadapi oleh anak-anak saat ini, melampaui asma. American Academy of Pediatric Dentistry (AAPD) melaporkan bahwa masalah gigi menyebabkan kehilangan 34 juta jam sekolah setiap tahun.

 

Kebutuhan perawatan gigi yang mendesak ini bisa menyakitkan dan, dalam beberapa kasus, menimbulkan risiko mengancam jiwa.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Terdapat kabar baik kabar bahwa gigi berlubang hampir sepenuhnya dapat dicegah dengan membentuk rumah gigi dan mengadopsi praktik kebersihan mulut yang efektif, seperti yang disebutkan oleh Khan.

Berita Lainnya:
Libur Lebaran, Saatnya Orang Tua Optimalkan Pengasuhan

Rumah gigi adalah hubungan berkelanjutan antara dokter gigi dan pasien, termasuk semua aspek perawatan kesehatan mulut.

“AAPD merekomendasikan untuk membentuk rumah gigi pada usia 1 tahun atau enam bulan setelah gigi susu pertama tumbuh. Ketika dibentuk secara dini, rumah gigi dapat berfungsi sebagai sumber panduan antisipatif dan tempat untuk mendiskusikan pencegahan karies gigi serta memantau pertumbuhan dan perkembangan yang tepat,” jelas Khan.

Selain itu, kiat terbaik untuk meningkatkan kesehatan mulut anak adalah dengan memasukkan rutinitas menyikat gigi dua kali sehari, menggunakan benang gigi secara teratur, dan pola makan yang sehat, tambahnya.

Kesadaran perawatan gigi harus dimulai sejak….

 

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi