Minggu, 16/06/2024 - 22:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Pj Heru, Jenderal Dudung, Hingga Kaesang Diprediksi Masuk Bursa Pilgub DKI 2024

JAKARTA — Pengamat Politik dari Citra Institute, Efriza meyakini ada banyak tokoh terkenal yang mewarnai bursa penentuan kandidat calon gubernur dan wakil gubernur (cagub-cawagub) untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024. Nama-nama yang akan masuk bursa berasal dari berbagai latar belakang, mulai mantan gubernur DKI, eks gubernur provinsi lain, ketua umum partai, hingga mantan jenderal TNI.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Sepertinya nama-nama beken akan mewarnai dinamika menuju Pilgub DKI Jakarta 2024 nanti,” kata ketika dihubungi Republika dari Jakarta, Ahad (25/2/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Efriza menjelaskan, nama yang kemungkinan masuk bursa adalah mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK). Kemungkinan itu menguat karena saat ini di Jakarta terpasang baliho yang menarasikan bahwa RK sedang dalam perjalanan menuju (OTW) Jakarta.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

RK diketahui merupakan Wakil Ketua Umum Partai Golkar. Efriza melanjutkan, selain Golkar, Partai Nasdem juga kemungkinan akan mendorong kadernya, Ahmad Sahroni untuk menjadi cagub.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Sindir Partai Politik Berebut Jabatan Menteri di Tengah Utang Negara Membengkak, Megawati Soekarno Putri: Mikir!

 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Dari PPP, ada nama Menteri Pariwasata yang juga mantan walil gubernur DKI, yakni Sandiaga Uno. Adapun PDIP punya banyak kader potensial untuk jadi cagub, mulai dari mantan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Menteri Sosial Tri Rismaharini, hingga mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Partai Gerindra kemungkinan akan mendorong kadernya yang sebelumnya menjabat sebagai wakil gubernur DKI Jakarta, yakni Ahmad Riza Patria untuk menjadi cagub. Terbuka kemungkinan pula Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) maju kembali dalam pertarungan memperebutkan kursi DKI 1 setelah gagal pada 2017 lalu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

PSI juga terbuka kemungkinan bakal mengusung ketua umumnya, Kaesang Pangarep yang merupakan anak Presiden Jokowi. “Jangan lupakan pula dari trah Presiden Jokowi ada nama Kaesang Pangarep. Kaesang sepertinya lebih memilih langsung membidik kursi gubernur ketimbang maju sebagai wali kota Depok,” kata Efriza.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024
Berita Lainnya:
Persib Bandung Juara Liga 1 2024

Dia menambahkan, selain tokoh-tokoh yang merupakan elite partai politik, kemungkinan akan mencuat pula nama Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta saat ini, Heru Budi Hartono dalam bursa kandidat.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

“Nama lain yang juga mencuat dari figur militer seperti mantan KSAD Jenderal TNI (Purn) Dudung Abdurachman memungkinkan turut diperhitungkan,” kata dosen Ilmu Pemerintahan di Universitas Sutomo, Serang, Banten itu.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Selain itu, lanjut dia, capres Pilpres 2024 seperti Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo juga mungkin saja masuk bursa kandidat Pilgub DKI 2024. Hanya saja, keduanya harus rela menjalani “politik turun level”.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Pilgub DKI Jakarta akan digelar pada November 2024. Proses penentuan calon tentu akan dilakukan beberapa bulan sebelumnya. Sementara itu, Presiden Jokowi, sosok yang diyakini punya peran sentral dalam pencalonan dan pemenangan pasangan Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024, masih menjabat sebagai kepala negara hingga Oktober 2024.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

حَتَّىٰ إِذَا بَلَغَ مَطْلِعَ الشَّمْسِ وَجَدَهَا تَطْلُعُ عَلَىٰ قَوْمٍ لَّمْ نَجْعَل لَّهُم مِّن دُونِهَا سِتْرًا الكهف [90] Listen
Until, when he came to the rising of the sun, he found it rising on a people for whom We had not made against it any shield. Al-Kahf ( The Cave ) [90] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi