Senin, 27/05/2024 - 04:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Harga Tembus Rp 90 Ribu per kg, Konsumen Rela Beli Cabai Busuk

Harga cabai merah besar di Solo tembus 90 ribu per kg, Jumat (23/2/2024).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 INDRAMAYU – Menjelang bulan suci Ramadhan, harga berbagai kebutuhan pokok masyarakat di pasar tradisional di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat makin meroket.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Tak hanya beras, kenaikan harga juga terjadi pada cabai. Hal itu seperti yang terlihat di pasar tradisional Karangampel, Kabupaten Indramayu.

Kenaikan harga cabai bahkan sudah terjadi secara bertahap sejak sebulan terakhir ini. Untuk cabai rawit merah, harganya kini mencapai Rp 90 ribu per kilogram. Sebelumnya, harga cabai rawit merah masih ada di kisaran Rp 60 ribu per kilogram.

Berita Lainnya:
Bantuan Pangan Beras Tahap Pertama Capai 98,08 Persen

Tak hanya cabai rawit merah, harga cabai merah juga mengalami kenaikan tinggi hingga kini menjadi Rp 90 ribu per kilogram. Minimnya stok dari para petani akibat gagal panen, disebut menjadi penyebab naiknya harga cabai di pasaran.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Sudah lama naiknya, hampir satu bulan ini, gara-gara stoknya lagi kosong,” kata salah satu pedagang di Pasar Karangampel, Sri Taweniyah, Senin (26/2/2024).

Mahalnya harga cabai pun membuat konsumen mengurangi pembelian mereka. Akibatnya, cabai milik pedagang menjadi lambat terjual sehingga membusuk.

ADVERTISEMENTS

Meski demikian, sejumlah konsumen malah memilih membeli cabai busuk karena harganya yang lebih murah. Mereka membeli cabai busuk itu sebagai campuran cabai segar yang kualitasnya masih bagus.

ADVERTISEMENTS

“Sedikit-sedikit masih laku cabai yang busuk itu karena (cabai segar) harganya kan mahal. Pembeli ya dipilih-pilih (cabai busuk yang masih bisa dikonsumsi),” katanya.

Berita Lainnya:
Perkuat Distribusi, Badan Pangan Ingin Perbanyak Cold Storage

Selain cabai, lanjut Sri, kenaikan harga pun terjadi pada tomat dan bawang merah. Saat ini, tomat mencapai Rp 14 ribu per kilogram dan bawang merah Rp 32 ribu per kilogram.

Sri berharap, pemerintah bisa segera mengatasi tingginya harga komoditas sayuran di paasaran. Apalagi saat menjelang bulan puasa, permintaan dari para konsumen akan meningkat.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi