Jumat, 03/05/2024 - 09:44 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kemenhub Fasilitasi Pemulangan Tiga Jenazah Awak Kapal Indonesia

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubla Kemenhub) memfasilitasi pemulangan tiga jenazah anak buah kapal (ABK) MV.2 Hesin yang meninggal karena mengalami kecelakaan kapal terbalik di sebuah pulau di kota pesisir Tongyeong, Korea Selatan, Sabtu (9/3/2024) pagi waktu setempat.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Direktur Perkapalan dan Kepelautan Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, Hartanto menuturkan, pemerintah Indonesia melalui Ditjen Hubla Kemenhub bersama Kementerian Luar Negeri (Kemenhub) melalui Kedutaan Besar Korea Selatan (Kedubes Korsel) secara cepat berkoordinasi untuk mengidentifikasi para korban yang tewas pada insiden tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Baca: Naval Group Menangkan Tender Empat Kapal Selam Rp 91,9 Triliun dari Kemenhan Belanda

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Tiga jenazah ABK yang telah berhasil dipulangkan adalah Safrudin, Maulana Mansyur, dan R Arie Permana. “Setelah mendengar kabar tersebut, kami segera melakukan koordinasi dengan Atase Perhubungan KBRI di Korea Selatan dan otoritas berwenang di Korea Selatan, untuk memastikan pemulangan tiga jenazah ke Tanah Air,” kata Hartanto dalam keterangan di Jakarta, Ahad (17/3/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Kemenlu Minta WNI Tunda Rencana Perjalanan ke Iran dan Israel

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Dia menyampaikan, Kemenhub, Direktorat Perlindungan WNI (PWNI) Kemenlu, dan perusahaan manning agency pemegang Surat Izin Perekrutan dan Penempatan Awak Kapal (Siuppak) turut menyampaikan duka cita yang mendalam atas kejadian yang terjadi kepada para awak kapal MV.2 HESIN.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Menindaklanjuti hal tersebut, menurut Hartanto, Ditjen Hublu Kemenhub siap mengawal dan memfasilitasi pihak ahli waris untuk mendapatkan hak-hak dari pelaut tersebut sesuai dengan yang tertera dalam perjanjian kerja laut.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Beda Sikap Polisi Dalam Menangani Kasus Dugaan Penistaan Agama, Galihloss Langsung Ditahan, Pdt. Gilber Tidak

“Perusahaan manning agency sudah kami panggil bersama keluarga korban serta dari Kementerian Luar Negeri agar seluruh hak-hak pelaut dapat segera dipenuhi oleh pemilik kapal,” ujar Hartanto.

Hal itu, lanjut Hartanto, sebagai bentuk nyata komitmen Pemerintah Indonesia dalam melindungi dan memperjuangkan hak para pelaut Indonesia yang bekerja di kapal internasional. Adapum Jenazah dipulangkan ke Indonesia dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta (terminal kargo) pada Sabtu (16/3/2024) sekitar pukul 15.30 WIB.

Acara penjemputan jenazah di bandara dihadiri secara langsung oleh perwakilan Duta Besar Korea Selatan, perwakilan Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, Kemenlu, para perusahaan manning agency pemegang Siuppak, BP2MI, serta keluarga para almarhum.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi