Kamis, 30/05/2024 - 16:19 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Kemendikbudristek Alokasikan Dana Rp 120 Miliar untuk Program API Sarpras PTV

 JAKARTA — Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengalokasikan dana sebesar Rp 120 miliar untuk program Antisipasi Perubahan Iklim Melalui Pengadaan dan Pengembangan Sarana dan Prasarana Pendidikan Tinggi Vokasi (API Sarpras PTV). Pada tahap awal, ditargetkan ada 12 PTV yang pengajuan proposalnya dipilih.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

“Untuk tahun ini sebenarnya kita menargetkan 12 pendidikan tinggi. Tapi nanti kalau ternyata usulan dari mereka masih bisa kita optimalisasi lagi, maka bisa lebih nanti,” ungkap Plt Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Perguruan Tinggi Vokasi Muhammad Fajar Subkhan di Jakarta, Rabu (27/3/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Sebagai tahap awal, program API Sarpras PTV akan menyasar PTV negeri, baik politeknik negeri maupun Akademi Komunitas Negeri dengan target 12 PTV pada tahun 2024. PTV terpilih harus memiliki komitmen terhadap isu perubahan iklim serta memiliki rencana strategis atau peta jalan transformasi institusi menuju kampus hijau.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Kemendikbudristek Akhirnya Akui Pernyataan ‘Kuliah Itu Tersier’ tidak Bijak dan Blunder

Menurut Fajar, pihaknya menyediakan kurang lebih Rp 130 miliar untuk program API Sarpras PTV yang dibagi ke dalam beberapa tahap. Pada tahap pertama ini, dengan target 12 PTV tadi, anggaran dana yang akan digelontorkan berjumlah sekitar Rp 60 miliar.

 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Nantinya ini kita akan bagi beberapa tahap, mungkin ini masih peluncuran yang pertama. Kita lakukan kurang lebih anggarannya sekitar Rp 60 miliar,” jelas dia.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Dia menyampaikan, latar belakang diluncurkannya program API Sarpras PTV didasari dari data yang menunjukan masih rendahnya tingkat partisipasi PTV pada pemeringkatan perguruan tinggi dalam upaya keberlanjutan lingkungan melalui UI GreenMetric.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Skema program ini akan menyediakan bantuan berupa dana yang dapat dimanfaatkan dalam penyediaan sarana dan prasarana kepada PTV. Bantuan ini diberikan bagi PTV yang telah melalui proses riviu penilaian pada pemenuhan kriteria penilaian yang didasarkan pada enam indikator sesuai UI GreenMetric,” kata Fajar.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Kemendikbudristek Perintahkan 75 PTN-PTNBH Batalkan Kenaikan UKT dan IPI 2024/2025
ADVERTISEMENTS

Dia menjelaskan, enam indikator penilaian yang dimaksud adalah kebijakan dan infrastruktur kampus, pengelolaan energi dan perubahan iklim, pengelolaan sampah, pengelolaan air, transportasi, serta bidang pendidikan dan riset.

ADVERTISEMENTS

Menurut dia, perguruan tinggi vokasi dapat memanfaatkan program itu untuk meningkatkan tata kelola dan mendorong penelitian dan inovasi di perguruan tinggi yang berfokus pada solusi-solusi berkelanjutan untuk mengatasi permasalahan global.

“Besar harapan bahwa perguruan tinggi menjadi percontohan baik bagi  praktik-praktik berkelanjutan dan memberikan kontribusi positif pada perubahan iklim global,” kata Fajar.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi