Senin, 20/05/2024 - 12:28 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

DPR RI Sahkan RUU DKJ Jadi UU, Jakarta Bukan Lagi Ibu Kota

DPR sudah mengesahkan RUU DKJ menjadi UU. Dengan begitu, status Jakarta bukan lagi ibu kota negara Republik Indonesia.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — DPR RI menyetujui Rancang Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU) DKJ. Beleid itu disahkan dalam Rapat Paripurna DPR RI Ke-14 Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2023-2024 di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat pada Kamis (28/3/2024).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Pengesahan RUU DKJ menjadi UU DKJ tersebut disetujui oleh delapan dari sembilan fraksi di DPR RI. Tercatat, hanya Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang menolak pengesahan RUU DKJ.

Baca: Menhan Prabowo Subianto Kunjungi IKN

“Dalam laporan Badan Legislasi, sudah disampaikan delapan Fraksi yaitu Fraksi PDI-Perjuangan, Fraksi P-Golkar, Fraksi P-Gerindra, Fraksi P-Nasdem, Fraksi PKB, Fraksi P-Demokrat, Fraksi PAN dan Fraksi PPP menyetujui Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta untuk diteruskan ke dalam tahap Pembicaraan Tingkat II dalam Rapat Paripurna untuk ditetapkan sebagai Undang-Undang. Sedangkan satu Fraksi PKS menolak,” kata Ketua DPR RI Puan Maharani, Kamis.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Presiden Jokowi Teken Pengesahan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Puan lantas menanyakan kepada pimpinan dan anggota DPR RI secara kolektif untuk menyetujui RUU DKJ menjadi UU. “Kami akan meminta persetujuan fraksi-fraksi terhadap usulan penyempurnaan rumusan Pasal 24 ayat 2 huruf d dan penghapusan rumusan pada huruf g Rancangan Undang-Undang tentang Daerah Khusus Jakarta apakah dapat disetujui? Setuju!” ucap Puan.

Baca: Prabowo Kalahkan Anies di Jakarta, Berikut Perincian Angkanya

ADVERTISEMENTS

UU DKJ resmi disahkan dalam laporan Badan Legislasi (Baleg) DPR RI yang disampaikan oleh Ketua Baleg DPR RI Supratman Andi Agtas. Andi menyatakan hasil pembahasan RUU DKJ telah disepakati terdiri dari 12 bab dan 73 pasal.

ADVERTISEMENTS

Di antaranya, meliputi perbaikan definisi kawasan aglomerasi dan ketentuan mengenai penunjukkan ketua dan anggota Dewan Aglomerasi oleh Presiden yang tata cara penunjukannya diatur dengan Peraturan Presiden. Kemudian juga soal ketentuan mengenai gubernur dan wakil gubernur dipilih melalui mekanisme pemilihan.

Berita Lainnya:
Jubir Kemenlu Incar Tiket PAN dan Nasdem maju Pilkada NTB

Dengan disahkannya UU DKJ maka status Jakarta bukan lagi ibu kota negara. Kini, ibu kota negara Indonesia adalah Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi