Sabtu, 15/06/2024 - 10:59 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Mukbang Beras Mentah Jangan Ditiru, Dokter Ungkap Bahayanya

JAKARTA — Video pengguna media sosial mengonsumsi beras mentah banyak beredar di dunia maya. Mungkin Anda penasaran, amankah beras dikonsumdi dalam keadaan mentah?

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Dokter penyakit dalam dan konsultan gastroenterologi, serta hepatologi, Ari Fahrial Syam, menekankan tentang bahaya mengonsumsi beras mentah. Dr Ari menjelaskan, mengonsumsi beras mentah membawa risiko besar bagi kesehatan.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

“Namanya barang mentah, berarti kan itu istilahnya belum dimasak, jadi kemungkinan dia masih terkontaminasi dengan bakteri, misalnya seperti itu, atau juga zat-zat lain,” kata dr Ari kepada Republika.co.id, Jumat (29/3/2024).

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Beras mentah dapat terkontaminasi oleh bakteri atau zat-zat kimia yang berbahaya, terutama jika belum melalui proses pencucian. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan, keracunan, atau masalah kesehatan lainnya.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Anak Sering Sakit Perut? Waspada Sindrom Iritasi Usus

 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Dr Ari mengatakan, mengonsumsi beras mentah tidak memberikan manfaat gizi yang baik bagi tubuh. Sebaliknya, hal itu hanya menciptakan sensasi tanpa memberikan nilai tambah yang positif.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Ditanya tentang mitos bahwa mengonsumsi beras mentah dapat menghilangkan bau tidak sedap seperti pete atau jengkol, dr Ari menegaskan hal tersebut tidak benar. Bau yang dihasilkan oleh makanan seperti pete atau jengkol berasal dari gas-gas yang ada di dalamnya, sehingga mengonsumsi beras mentah tidak akan menghilangkan bau tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Buah Zaitun, Si Kecil yang Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan

Dr Ari mengimbau agar praktik mukbang beras mentah dihentikan karena berbahaya bagi kesehatan. Dia menekankan, meskipun sebagai hiburan, hal tersebut dapat memengaruhi orang lain untuk menirunya, yang pada akhirnya dapat berdampak negatif pada kesehatan mereka.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Sebagai alternatif, dr Ari menyarankan agar mukbang dilakukan dengan makanan sehat, seperti buah dan sayuran. Dia juga mengingatkan agar bijaksana dalam mengonsumsi makanan, terutama yang mengandung bahan kimia atau yang tidak sehat seperti fast food

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard
ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

آتُونِي زُبَرَ الْحَدِيدِ ۖ حَتَّىٰ إِذَا سَاوَىٰ بَيْنَ الصَّدَفَيْنِ قَالَ انفُخُوا ۖ حَتَّىٰ إِذَا جَعَلَهُ نَارًا قَالَ آتُونِي أُفْرِغْ عَلَيْهِ قِطْرًا الكهف [96] Listen
Bring me sheets of iron" - until, when he had leveled [them] between the two mountain walls, he said, "Blow [with bellows]," until when he had made it [like] fire, he said, "Bring me, that I may pour over it molten copper." Al-Kahf ( The Cave ) [96] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi