Sabtu, 27/07/2024 - 12:38 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Mukbang Beras Mentah Jangan Ditiru, Dokter Ungkap Bahayanya

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Video pengguna media sosial mengonsumsi beras mentah banyak beredar di dunia maya. Mungkin Anda penasaran, amankah beras dikonsumdi dalam keadaan mentah?

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Dokter penyakit dalam dan konsultan gastroenterologi, serta hepatologi, Ari Fahrial Syam, menekankan tentang bahaya mengonsumsi beras mentah. Dr Ari menjelaskan, mengonsumsi beras mentah membawa risiko besar bagi kesehatan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

“Namanya barang mentah, berarti kan itu istilahnya belum dimasak, jadi kemungkinan dia masih terkontaminasi dengan bakteri, misalnya seperti itu, atau juga zat-zat lain,” kata dr Ari kepada Republika.co.id, Jumat (29/3/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Beras mentah dapat terkontaminasi oleh bakteri atau zat-zat kimia yang berbahaya, terutama jika belum melalui proses pencucian. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan, keracunan, atau masalah kesehatan lainnya.

Berita Lainnya:
Ahli Ortopedi Minta Lansia Deteksi Dini Osteoporosis
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Dr Ari mengatakan, mengonsumsi beras mentah tidak memberikan manfaat gizi yang baik bagi tubuh. Sebaliknya, hal itu hanya menciptakan sensasi tanpa memberikan nilai tambah yang positif.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Ditanya tentang mitos bahwa mengonsumsi beras mentah dapat menghilangkan bau tidak sedap seperti pete atau jengkol, dr Ari menegaskan hal tersebut tidak benar. Bau yang dihasilkan oleh makanan seperti pete atau jengkol berasal dari gas-gas yang ada di dalamnya, sehingga mengonsumsi beras mentah tidak akan menghilangkan bau tersebut.

Berita Lainnya:
Studi: Orang Suka Begadang Lebih Cerdas daripada Mereka yang Bangun Pagi
ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Dr Ari mengimbau agar praktik mukbang beras mentah dihentikan karena berbahaya bagi kesehatan. Dia menekankan, meskipun sebagai hiburan, hal tersebut dapat memengaruhi orang lain untuk menirunya, yang pada akhirnya dapat berdampak negatif pada kesehatan mereka.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Sebagai alternatif, dr Ari menyarankan agar mukbang dilakukan dengan makanan sehat, seperti buah dan sayuran. Dia juga mengingatkan agar bijaksana dalam mengonsumsi makanan, terutama yang mengandung bahan kimia atau yang tidak sehat seperti fast food

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

قَالَ هَٰذَا رَحْمَةٌ مِّن رَّبِّي ۖ فَإِذَا جَاءَ وَعْدُ رَبِّي جَعَلَهُ دَكَّاءَ ۖ وَكَانَ وَعْدُ رَبِّي حَقًّا الكهف [98] Listen
[Dhul-Qarnayn] said, "This is a mercy from my Lord; but when the promise of my Lord comes, He will make it level, and ever is the promise of my Lord true." Al-Kahf ( The Cave ) [98] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi