Minggu, 19/05/2024 - 06:25 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Tinggal Serumah dengan Anak Kecil, Lansia Berisiko Ketularan Pneumonia

Suntikan PCV untuk balita. Kementerian Kesehatan menetapkan vaksin pneumococcus konjugasi (PCV) ke dalam program imunisasi rutin untuk melindungi dan mencegah kematian pada anak akibat pneumonia.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — Kontak harian dengan anak kecil meningkatkan risiko lansia terjangkit bakteri penyebab pneumonia. Temuan itu terungkap melalu sebuah studi terbaru.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Dikutip dari Medical Daily, Senin (8/4/2024), Streptococcus pneumoniae atau pneumokokus adalah bakteri yang terkait dengan infeksi telinga dan sinus serta penyakit parah seperti pneumonia, sepsis, dan meningitis. Sekitar dua juta kematian setiap tahun di seluruh dunia terkait dengan infeksi pneumokokus, terutama mengenai anak-anak di bawah usia dua tahun dan orang dewasa lanjut usia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Pneumonia pneumokokus menyebabkan lebih dari 150 ribu rawat inap di AS setiap tahun. Ini merupakan penyebab bakteri utama pneumonia pada anak-anak, terutama pada anak di bawah lima tahun. Di antara orang dewasa, pneumokokus menyumbang 10 persen hingga 30 persen dari kasus pneumonia yang diperoleh dari masyarakat.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Banyak Anak Jadi Fatherless Akibat Perceraian, Ayah Harus Tetap Ingat Perannya

Bakteri pneumokokus biasanya hidup di saluran pernapasan orang yang sehat yang kemudian ditransmisikan melalui droplet pernapasan. Menurut perkiraan CDC, sekitar 20 persen hingga 60 persen anak usia sekolah mungkin terkolonisasi, sedangkan hanya lima persen hingga 10 persen orang dewasa tanpa anak yang terkolonisasi.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Menurut temuan studi terbaru yang akan disajikan pada European Congress of Clinical Microbiology and Infectious Diseases (ECCMID 2024) di Barcelona, Spanyol, orang dewasa berusia di atas 60 tahun yang memiliki kontak harian dengan anak-anak memiliki enam kali lebih banyak risiko terkolonisasi dengan bakteri penyebab pneumonia dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki kontak dengan anak-anak.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Pertunangan Bocah di Madura, Psikolog: Gen Z Aja 'Berat Banget' Nikah, Apalagi Anak-Anak

Untuk memahami transmisi pneumokokus di antara orang dewasa berusia 60 tahun ke atas dan risiko terjangkit pneumokokus di masyarakat, para peneliti melakukan studi jangka panjang di New Haven, Connecticut, AS. Peserta adalah orang dewasa lanjut usia tanpa anak kecil tinggal di rumah.

ADVERTISEMENTS

Sebanyak 183 orang dewasa dengan usia rata-rata 70 tahun dari 93 rumah tangga terlibat dalam studi tersebut. Para peneliti mengumpulkan sampel saliva dan data kuesioner tentang perilaku sosial dan kesehatan setiap dua pekan sekali selama enam kunjungan selama 10 pekan.

ADVERTISEMENTS

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi