Selasa, 30/04/2024 - 01:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

NASA: Batuan Mars yang Misterius Mungkin Berasal dari Pantai Kuno 

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Penjelajah Perseverance milik NASA sedang menyelidiki Kawah Jezero dan menemukan sampel batuan dari pantai kuno. Ini merupakan temuan menarik bagi para ilmuwan yang menyelidiki sejarah air, dan bukti potensial kehidupan mikroba di masa lalu, di Mars. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Penjelajah tersebut mengebor sepotong batu yang menarik pada 11 Maret. Batuan tersebut disebut Puncak Bunsen dan potongan seukuran pensil yang dikeluarkan oleh penjelajah tersebut disebut Komet Geyser. Keduanya diberi nama berdasarkan fitur alam yang ditemukan di Wyoming. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Sederhananya, ini adalah jenis batuan yang kami harapkan untuk ditemukan ketika kami memutuskan untuk menyelidiki Kawah Jezero,” kata ilmuwan proyek Perseverance Ken Farley dalam pernyataan NASA pada 3 April, dilansir Forbes, Selasa (9/4/2024). 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Komet Geyser adalah sampel ke-24 yang dikumpulkan Percy pada Mars. Sampel-sampel disegel ke dalam tabung kecil. 

ADVERTISEMENTS

Perseverance adalah laboratorium yang berputar. Penjelajah tersebut menganalisis batu tersebut dengan instrumen yang ada di dalamnya dan menemukan bahwa batu tersebut kemungkinan besar “terendam air untuk jangka waktu yang lama di masa lalu”.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Bulan akan Punya Zona Waktu Sendiri, Apa Tujuannya?

Kawah Jezero dulunya merupakan rumah bagi sebuah danau besar, yang menjadikannya tempat utama untuk eksplorasi robot. Air dikaitkan dengan kehidupan seperti yang kita kenal di Bumi, sehingga NASA tertarik mempelajari area-area yang dulunya berair di Mars. 

NASA merilis video pendek yang membahas temuan tersebut. Ahli geologi Samantha Gwzid mengatakan masih menjadi misteri apa sebenarnya batu ini. 

“Ada tekstur-tekstur menarik yang mungkin konsisten dengan batuan beku atau batuan sedimen,” kata Gwzid. 

 Batuan beku berasal dari gunung berapi, sedangkan batuan sedimen sering kali berhubungan dengan proses air. Para ilmuwan sedang berupaya memecahkan teka-teki tentang Puncak Bunsen ini.

Sejauh ini, data menunjukkan batu tersebut mungkin terbentuk di sepanjang tepi danau. “Hampir semua mineral dalam batuan yang baru saja kami sampel terbuat dari air; di Bumi, mineral yang tersimpan dalam air seringkali bagus dalam menjebak dan melestarikan bahan organik kuno dan biosignatures,” kata Farley. 

Investigasi yang dilakukan penjelajah menunjukkan Puncak Bunsen terdiri dari butiran karbonat yang disemen oleh silika. Komposisi, struktur, dan usia batuan tersebut menjadikannya kandidat utama yang menyimpan bukti kehidupan mikroba dari masa lalu perairan planet ini.

Berita Lainnya:
Rocket Lab Luncurkan Teknologi Pelayaran Surya NASA Baru ke Orbit

NASA memiliki rencana besar untuk pengumpulan batuan Perseverance melalui usulan misi Pengembalian Sampel Mars (MSR). Idenya adalah mengirim pesawat ruang angkasa ke Mars, mengambil beberapa tabung-tabung sampel dan kemudian membawanya kembali ke Bumi untuk dipelajari lebih dekat. 

MSR terkendala masalah-masalah anggaran, namun penjelajah tersebut masih mengumpulkan sampel-sampel dari berbagai tempat di sekitar kawah. Komet Geyser bisa menjadi permata mahkota dalam koleksi itu.

Penjelajah Mars NASA terus mengirimkan kembali banyak data baru tentang planet merah. Mereka mengungkap sejarah air di planet ini dan terlibat dalam salah satu misi utama badan antariksa, yaitu pencarian kehidupan, saat ini atau di masa lalu, di luar Bumi. 

Komet Geyser adalah argumen yang mendukung misi MSR yang mahal dan menantang. Instrumen Percy hanya mampu membawa ilmu pengetahuan sejauh ini. 

Para ilmuwan berharap dapat mempelajari sampel tersebut secara langsung di Bumi. Sampai saat itu, Geyser Komet dan batuan induknya, Puncak Bunsen, mungkin masih menjadi teka-teki.

 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi