Senin, 17/06/2024 - 10:37 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Muncul Emoji Bendera Palestina, Apple: Kami akan Perbaiki ‘Bug’ 

NEW YORK – Raksasa teknologi, Apple menyatakan terdapat kesalahan dalam software atau perangkat lunak mereka. Kejadian ini membuat  sejumlah pengguna saat mengetik kata ‘Yerusalem’ mendapati bendera Palestina di perangkat yang mereka gunakan. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

‘’Kami akan memperbaiki ‘bug’ yang merekomendasikan untuk memunculkan  emoji bendera Palestina ketika pengguna iPhone mengetikkan ‘Yerusalem’ saat mereka mengetikkan pesan,’’ demikian Apple  seperti dilansir laman berita Aljazirah, Jumat (12/4/2024). 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Pada Kamis (11/4/2024) Apple  menyatakan terdapat kesalahan dalam pembaruan terakhir sistem operasi iPhone, iOS mereka yang ada di sejumlah perangkat pengguna. Mereka menegaskan, ini bukanlah hal yang disengaja. 

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Kemunculan emoji bendera Palestina, tak terjadi di semua perangkat pengguna. Konsumen iPhone di AS, misalnya, menurut pihak Apple tak ada yang melaporkan munculnya emoji bendera Palestina setelah mengetikkan ‘Yerusalem’.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Isu ini, menurut Apple, berhubungan denan fitur yang disebut ‘predictive emoji’. iPhones bisa menghadirkan emoji saat pengguna mengetikkan sejumlah kata di layanan pesan dan aplikasi lainnya. Pembaruan sistem operasi ini termasuk emoji-emoji baru. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh
Berita Lainnya:
Bulog Optimistis Serap 600 Ribu Ton Beras Bulan Ini

Presenter televisi Inggris, Rachel Riley Riley yang seorang Yahudi melaporkan versi terbaru sistem operasi iPhone-nya memunculkan bendera Palestina waktu ia mengetikkan ‘Yerusalem’ yang ia anggap sebagai ibu kota Israel.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

‘’Menunjukkan standar ganda dengan menghormati Israel adalah bagian dari anti-Semit, bentuk rasisme terhadap orang-orang Yahudi. Tolong jelaskan apakah ini sengaja atau Anda tak punya kendali atas para pemrogram Anda,’’ katanya seperti dikutip laman berita BBC

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Kasus ini juga mencuatkan kembali perdebatan mengenai hak atas Yerusalem sebagai ibu kota, apakah Palestina atau Israel. Palestina menegaskan Yerusalem merupakan ibu kota negara saat mereka merdeka dari penjajahan kelak. 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

PBB dan mayoritas komunitas internasional menilai Yerusalem bagian dari Tepi Barat yang merupakan wilayah Palestina yang kini diduduki Israel. Pendudukan Israel atas wilayah tersebut melanggar hukum internasional. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Israel Perintahkan UNRWA Kosongkan Kantornya di Yerusalem Timur 

Komunitas internasional menyerukan agar mengakui secara resmi negara Palestina dengan batas-batas negara pada 1967, di mana Yerusalem Timur sebagai ibu kota. Mereka mendesakkan ini sebagai bagian dari solusi dua negara. 

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Tahun lalu, kejadian hampir senada menimpa Meta. Mereka menyampaikan permintaan maaf setelah sebuah ‘bug’ menambahkan kata ‘teroris’ pada biografi pengguna media sosial Instagram yang mengidentifikasi dirinya sebagai warga Palestina. 

Di sisi lain, sejak bermulanya perang di Gaza, para pengguna yang pro-Palestina menghadapi pembatasan secara daring  oleh perusahaan-perusahaan teknologi raksasa. Termasuk mereka mengalami penyensoran dan pelarangan. 

Terkait konflik Rusia-Ukraina, pada 2019 Apple Maps menggambarkan Krimea sebagai bagian dari Rusia. Kejadian melahirkan kritik dan perdebatan mengenai wilayah yang dianeksasi Rusia itu. Tiga tahun kemudian, yaitu 2022, Apple Maps melakukan perubahan. 

Dalam peta itu, status Krimea menjadi milik Ukraina tetapi hanya muncul di perangkat pengguna yang berada di luar Rusia. 

 

sumber : AP/Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَمَا نُرْسِلُ الْمُرْسَلِينَ إِلَّا مُبَشِّرِينَ وَمُنذِرِينَ ۚ وَيُجَادِلُ الَّذِينَ كَفَرُوا بِالْبَاطِلِ لِيُدْحِضُوا بِهِ الْحَقَّ ۖ وَاتَّخَذُوا آيَاتِي وَمَا أُنذِرُوا هُزُوًا الكهف [56] Listen
And We send not the messengers except as bringers of good tidings and warners. And those who disbelieve dispute by [using] falsehood to [attempt to] invalidate thereby the truth and have taken My verses, and that of which they are warned, in ridicule. Al-Kahf ( The Cave ) [56] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi