Kamis, 23/05/2024 - 03:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Mulai Penerapan One Way, Jasa Marga Minta Pengendara tidak Terlena Euforia

 SEMARANG — PT Jasa Marga (Persero) Tbk meminta pengendara yang melalui GT Kalikangkung hingga GT Cikampek, untuk  tidak terlena euforia di jalur satu arah (one way) saat arus balik Idul Fitri 1445 Hijriah karena hal itu dapat menyebabkan kecelakaan.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Tetap mematuhi batas kecepatan yang dipersyaratkan dan dilarang berpindah jalur di lokasi yang tidak seharusnya selama melalui jalur one way,” kata Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani dalam keterangan tertulis di Semarang, Sabtu (13/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Ia juga meminta pengendara tidak menerobos pembatas untuk berpindah jalur dan juga dilarang untuk pindah lajur secara tiba-tiba. Menurut dia, hal ini tidak hanya membahayakan diri sendiri namun juga pengendara lainnya.

“Kami juga meminta pengguna jalan agar tidak berhenti di bahu jalan saat berada di jalur one way kecuali dalam kondisi darurat,” katanya.

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Jokowi: Pabrik Industri Baterai Mulai Operasinya Bulan Depan

Selain itu, untuk area peristirahatan (rest area) di rute jalan tol yang diberlakukan satu arah tetap beroperasi normal, termasuk rest area yang berada di arah sebaliknya atau jalur kanan. Jasa Marga mendukung diskresi kepolisian untuk memberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah periode arus balik Hari Raya Idul Fitri 2024 di Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang sampai Cikampek. Menurut dia, rekayasa lalu lintas ini diberlakukan pada Sabtu ini sejak pukul 15.00 WIB.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Ia menjelaskan bahwa rekayasa lalu lintas ini diberlakukan mulai dari KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang sampai KM 72 Jalan Tol Cipali. Menurut dia, hal itu karena indikator volume lalu lintas di sepanjang KM 414 Jalan Tol Batang-Semarang sampai dengan KM 190 Jalan Tol Palikanci selama tiga jam berturut-turut dan volume lalu lintasnya, di atas indikator.

“Dengan berakhirnya titik one way di KM 72, maka pengguna jalan dari Jakarta yang menuju arah Jalan Tol Cipali atau Jalan Tol Trans Jawa akan dialihkan akses keluar GT Cikampek KM 72,” kata dia.

ADVERTISEMENTS

Sebelumnya, pemerintah resmi menerapkan sistem satu arah di tol Trans Jawa mulai dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jawa Tengah menuju GT Cikampek Utama pada pukul 15.00 WIB atau H+3 Lebaran guna melancarkan arus balik.

ADVERTISEMENTS

“Kami resmi menerapkan sistem one way,” kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Berita Lainnya:
Jasa Marga Tertibkan Kendaraan ODOL di Ruas Cipularang

Ia mengatakan penerapan sistem ini saat ini beda dengan tahun lalu yang dilakukan serentak tapi hari ini di gerbang tol lain sudah dibuka satu arah.

“Saya mohon pemudik untuk mematuhi aturan yang ada, cek saldo elektronik tol dan pastikan BBM cukup,” katanya.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi