Senin, 20/05/2024 - 12:07 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

BMKG Sarankan Masyarakat Tunda Perjalanan Bila Cuaca Ekstrem

Petugas memindahkan pasir dalam karung menggunakan alat berat ke dalam sungai sebagai tanggul sementara, di tepi jalan nasional Padang – Bukittinggi, Nagari Aia Angek, Tanah Datar, Sumatera Barat, Ahad (7/4/2024). Kementerian PUPR melakukan pembenahan terhadap ruas jalan nasional tersebut pascabanjir lahar dingin Gunung Marapi pada Jumat (5/4), dengan menyedot air yang tersumbat serta membuat tanggul sementara.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 PADANG — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Minangkabau Padang Pariaman menyarankan masyarakat untuk menunda perjalanan apabila terdapat potensi cuaca ekstrem selama arus balik Idul Fitri 1445 Hijriah. BMKG mengimbau masyarakat tetap memantau kondisi cuaca sebelum berkendara.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Misalkan ada potensi curah hujan yang tinggi atau ekstrem di daerah dataran tinggi atau yang melewati perbukitan dan pegunungan, hendaknya pemudik sudah bisa mengambil langkah antisipasi,” kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Minangkabau, Desindra Deddy Kurniawan di Padang, Ahad (14/4/2024).

Berita Lainnya:
Al Muktabar Kembali Dilantik Menjadi Pj Gubernur Banten

Desindra juga mengingatkan masyarakat terkait sejumlah ruas jalan di Provinsi Sumatra Barat yang dilewati sungai dan berhulu dari Gunung Marapi. Sebab, jika curah hujan tinggi maka berpotensi terjadi lahar dingin.

Pada kesempatan itu, BMKG juga mengimbau masyarakat terutama calon pemudik untuk terus memantau perkembangan informasi terkait cuaca dan iklim dari instansi tersebut. BMKG sendiri telah menyiapkan berbagai informasi kepada masyarakat lewat sejumlah kanal media sosial hingga laman resmi (website) BMKG Stasiun Kelas II Minangkabau.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Kami menyarankan masyarakat menginstal aplikasi Info BMKG. Sebab, ketika ada peringatan dini maka akan langsung muncul pemberitahuan,” ujarnya.

Berita Lainnya:
Resmikan PLTS dan Beli REC demi Dukung Energi Hijau

Ia mengatakan penyiapan informasi terkait perkembangan iklim, cuaca dan lain sebagainya merupakan langkah BMKG agar pemudik mengetahui dengan cepat sebelum melakukan perjalanan.

ADVERTISEMENTS

Sementara itu, mengutip laporan BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Teluk Bayur memperkirakan kondisi cuaca di wilayah perairan berawan hingga hujan ringan. Prakiraan itu berlaku pada Minggu pukul 19.00 WIB hingga Senin (15/4/2024) pukul 07.00 WIB.

ADVERTISEMENTS

Masih dalam laporan yang sama, untuk kondisi angin secara umum didominasi arah angin barat laut-utara dengan kecepatan 1 hingga 17 knots. Kemudian ketinggian gelombang laut diperkirakan masih kategori rendah sampai dengan sedang.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi