Senin, 27/05/2024 - 05:12 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Iran Serang Israel, China Minta Semua Pihak Menahan Diri

Ledakan terlihat di langit Yerusalem, menyusul serangan dari Iran, Ahad (14/4/2024). Iran melancarkan serangan militer langsung pertamanya terhadap Israel pada hari Sabtu. Militer Israel mengatakan Iran menembakkan lebih dari 100 drone pembawa bom ke arah Israel. Beberapa jam kemudian, Iran mengumumkan bahwa mereka juga telah meluncurkan rudal balistik yang jauh lebih merusak.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

BEIJING — Pemerintah China meminta pihak terkait untuk menahan diri setelah terjadinya serangan udara Garda Revolusi Iran menggunakan pesawat nirawak (drone) dan rudal untuk menyerang wilayah Israel pada Sabtu (13/4/2024) malam WIB.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“China menyatakan keprihatinan mendalam atas eskalasi yang terjadi saat ini dan menyerukan kepada pihak-pihak terkait untuk bersikap tenang dan menahan diri untuk mencegah eskalasi lebih lanjut,” demikian disampaikan melalui keterangan tertulis Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China dalam laman resminya yang diakses dari Beijing pada Ahad (14/4/2024).

Berita Lainnya:
Taman Kanak-Kanak Siraj Al-Aqsa di Gaza Kembali Dibuka

Baca: TNI AU dan RAJF Berhasil Kirim Bantuan ke Gaza Lewat Airdrop

Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC) menyatakan, militer menembakkan puluhan drone dan rudal ke arah Israel pada Sabtu, sebagai tanggapan atas “banyak kejahatan” yang dilakukan Israel, termasuk serangan pada 1 April terhadap bagian konsuler Kedutaan Besar Iran di Damaskus, Suriah.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Situasi yang sedang berlangsung ini merupakan dampak terbaru dari konflik Gaza. Seharusnya tidak ada lagi penundaan dalam implementasi Resolusi Dewan Keamanan PBB 2728 dan konflik harus diakhiri sekarang juga,” menurut pernyataan tersebut.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Baca: Turki dan UAE Paling Banyak Sumbang Bantuan untuk Gaza, Palestina

China pun menyerukan kepada komunitas internasional, terutama negara besar untuk memainkan peran konstruktif bagi perdamaian dan stabilitas kawasan. Serangan udara Israel pada 1 April terhadap fasilitas diplomatik Iran di Damaskus menewaskan sedikitnya tujuh anggota Korps Garda Revolusi Islam Iran, termasuk dua jenderal tertinggi.

ADVERTISEMENTS

Iran menuding Israel melakukan serangan itu, dan berjanji untuk membalasnya. Namun, Tel Aviv belum secara resmi mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, tetapi selama berbulan-bulan mereka telah melakukan beberapa serangan terhadap sasaran Iran di Suriah.

ADVERTISEMENTS

Baca: Tegang, Polisi Ekuador Paksa Masuk Kedubes Meksiko di Quito

Berita Lainnya:
Polisi AS Lanjutkan Penindakan Keras di Kampus-Kampus AS

Iran dan Hizbullah, sekutu utamanya di Lebanon, mengatakan serangan itu tidak akan dibiarkan begitu saja. Serangan tersebut mengakibatkan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) akan mengadakan pertemuan pada Ahad waktu setempat, atas permintaan Israel.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi