Senin, 20/05/2024 - 13:15 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Genjot Produksi, Mentan Cetak Sawah 500 Ribu Hektare di Papua Selatan

 JAKARTA — Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman bersama jajaran Pemerintah Provinsi Papua Selatan mencetak sawah seluas 500 ribu hektare untuk meningkatkan produksi pertanian daerah tersebut dan Indonesia secara umum.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Dulu kami rintis di sini sawah 10 ribu hektare dan sekarang produksinya sudah 6 ton per hektare, jadi sudah berhasil. Dulu rencana kami kembangkan 1 juta hektare dan sekarang kami merintis 500 ribu hektare. Ini kami proyeksikan menjadi lumbung pangan masa depan,” kata Mentan saat kunjungan kerja di Merauke, Papua Selatan, Selasa (16/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan cetak sawah baru di lahan yang belum dimanfaatkan di Papua Selatan di antaranya di Kabupaten Merauke. Kegiatan tersebut dilakukan pada hari pertama kerja seusai mengisi libur panjang pada momen Hari Raya Idul Fitri 2024.

Di lokasi cetak sawah 500 ribu hektare Papua Selatan tersebut, Mentan bersama jajaran pemda dan para petani setempat bergerak menggarap lahan potensial di Kabupaten Marauke.

Berita Lainnya:
Pupuk Subsidi Tersedia, Mentan Minta Petani Segera Tebus

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Ini lahan yang ada sudah siap, dan ini sangat bagus, potensinya luar biasa,” ujar Mentan dalam keterangannya di Jakarta.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Ia mengatakan potensi pertanian di Papua Selatan sangat besar terutama dalam memenuhi kebutuhan dalam negeri khususnya di Indonesia bagian timur. Apalagi, lanjut Amran, saat ini hampir semua negara di dunia tengah dilanda El Nino panjang yang membuat produksi mengalami penurunan.

“Potensinya luar biasa. Di sini airnya melimpah. Nah ini kita jadikan kekuatan kita untuk panen. Di saat ini ada El Nino, kemudian krisis pangan dunia ini sangat strategis sehingga insya Allah ke depan kami tingkatkan indeksnya,” ujar Amran.

ADVERTISEMENTS

Sementara itu, Bupati Merauke Romanus Mbaraka menjelaskan Kabupaten Merauke dikenal sebagai etalase perdagangan dan transportasi di wilayah Indonesia Timur, Pasifik, dan Rumpun Melanesia. Merauke merupakan kabupaten di Papua Selatan dengan potensi lahan pertanian 1,2 juta hektare.

ADVERTISEMENTS

“Provinsi Papua Selatan terdiri dari empat kabupaten, 74 distrik, 13 kelurahan, dan 674 kampung. Sedangkan populasi di Merauke mencapai 243.722 jiwa dengan total luas wilayah mencapai 127.280,69 kilometer,” kata Romanus.

Berita Lainnya:
Bandara Sam Ratulangi Tutup Hingga Esok Siang

Romanus menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan arahan Mentan Amran terhadap pembangunan pertanian di Kabupaten Merauke. Wilayahnya merupakan penunjang bagi kebutuhan pangan di Papua.

Saat ini, pemerintah juga tengah menyiapkan pertanian organik sebagai solusi pertanian berkelanjutan yang lebih sehat. Selain itu, kata Romanus, pihaknya telah menyiapkan dukungan infrastruktur irigasi untuk target produksi yang lebih besar. 

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi