Senin, 20/05/2024 - 12:29 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Iran Serang Israel, Menlu Retno Pastikan tak Ada Korban WNI

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menkominfo Budi Arie saat menghadiri open house di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (10/4/2024).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memastikan tidak ada korban jiwa Warga Negara Indonesia (WNI) akibat serangan Iran dan Israel. Pemerintah melalui kedutaan besar RI, terutama di Amman, Teheran, dan Mesir akan terus memantau kondisi yang terjadi.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“WNI sejauh ini alhamdulillah dalam keadaan baik. Dalam artian tidak terdampak situasi yang ada. Kami terus melakukan pantauan dari dekat dan hampir setiap hari Kemlu mengadakan rapat secara virtual dengan KBRI-KBRI di wilayah yang kira-kira terjadi eskalasi, termasuk kontigensi plan sudah kita buat,” kata Menlu Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (16/4/2024).

Berita Lainnya:
Pemerintah China Bantu Rujuknya Fatah dan Hamas di Beijing

Selain itu, pemerintah juga telah mengeluarkan travel advice pada 13 April serta menyebarkan nomor hotline KBRI untuk WNI yang membutuhkan. KBRI juga telah berkomunikasi langsung dengan WNI yang berada di Iran dan di Israel untuk mempersiapkan diri jika eskalasi meningkat.

“Sekali lagi kami pantau dari dekat. Kami waspada dan terus lakukan upaya diplomatik agar masing-masing pihak menjaga, menahan diri, dan mencoba untuk bicara dengan sebanyak mungkin pihak untuk menggunakan pengaruhnya agar eskalasi tidak terjadi,” katanya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil para menterinya membahas ketegangan yang tengah terjadi di Timur Tengah, dalam rapat terbatas di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (16/4/2024). Menlu Retno mengatakan pemerintah khawatir terhadap kondisi yang terjadi antara Iran dan Israel.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Iran-Israel Berbalas Serangan, Uni Eropa Sebut ada Sinyal Deeskalasi

Eskalasi ketegangan di Timur Tengah, kata Menlu, diyakini tidak akan membawa manfaat bagi siapa pun.

“Kita dalam rapat tadi ada beberapa hal yang dibahas terkait dengan masalah geopolitik. Pertama, kita khawatir melihat perkembangan situasi di Timur Tengah. Dan kita yakin bahwa eskalasi tidak akan membawa manfaat bagi siapa pun,” ujar Retno.

ADVERTISEMENTS

Indonesia dan semua pihak lainnya…

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi