Kamis, 30/05/2024 - 09:56 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

ASDP: Pemudik Patuh Bertiket Saat Arus Balik Capai 98,2 Persen

Kendaraan pemudik roda empat antre untuk menaiki kapal di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Kamis (27/4/2023).

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

 JAKARTA — PT ASDP Indonesia Ferry menyampaikan masyarakat pengguna jasa penyeberangan yang patuh untuk bertiket saat tiba di Pelabuhan Bakauheni periode 10 hingga 14 April 2024 atau H+3 Lebaran, mencapai 98,2 persen.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (17/4/2024) mengatakan hanya terdapat 1.800 atau 1,8 persen pengguna jasa yang datang ke pelabuhan dengan kondisi tanpa tiket pada hari kedatangan untuk menyeberang. Ia menilai hal itu menjadi pencapaian positif saat masa arus balik, karena menjadikan proses penyeberangan berjalan lancar dan terkendali.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

“Artinya secara data akumulatif, pemudik bertiket yang tiba di pelabuhan Bakauheni saat arus balik mencapai 98,2 persen. Bila dibandingkan arus mudik dimana jumlah tidak bertiket mencapai 32 persen atau sekitar 19.000 kendaraan,” ujar dia.

Berita Lainnya:
CIMB Niaga Syariah Kembangkan Ekosistem Haji dan Umrah

Lebih lanjut, ia mengatakan pencapaian pada arus balik lebaran tahun ini sangat baik. Hal tersebut karena sosialisasi yang dilakukan pihaknya direspon positif oleh pengguna jasa sehingga patuh untuk membeli tiket maksimal H-1 keberangkatan dan tiba di pelabuhan sesuai jadwal.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Selain itu, penerapan sistem penundaan (delaying system) secara konsisten melalui penyediaan titik zona penyangga atau buffer zone di rest area juga menjadi salah satu kunci keberhasilan kelancaran arus balik.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Menurutnya itu merupakan upaya untuk menyeimbangkan antara kapasitas pelabuhan yang tersedia, dengan jumlah kendaraan yang masuk ke dalam pelabuhan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
ADVERTISEMENTS

Selain itu, pihaknya memberikan apresiasi kepada jajaran Polda Lampung yang telah menetapkan tiga kategori delaying system, yakni hijau, kuning, dan merah. Pelaksanaan ini diterapkan jika kendaraan sudah melebihi jumlah kapasitas, serta dimaksimalkan pada puncak arus balik yang terjadi pada 13-16 April 2024. 

ADVERTISEMENTS

Adapun Posko Data Bakauheni pada H+5 atau 16 April mencatat jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 38 unit kapal. Adapun realisasi total penumpang sejumlah 110.483 orang telah menyeberang pada H+5, diikuti kendaraan roda dua sebanyak 9.181 unit, kendaraan roda empat sebanyak 13.207 unit, dan total produksi seluruh kendaraan pada H+5 sebanyak 24.847 unit.

Berita Lainnya:
Ternyata Ini Biang Kerok yang Bikin Kurs Rupiah Tembus Rp16.000 per Dolar AS

Secara kumulatif realisasi penumpang yang telah kembali ke Pulau Jawa dari Sumatera mulai tanggal 11 April 2024 hingga 16 April (H hingga H+5) adalah sebanyak 656.622 orang atau mencapai 79 persen bila dibandingkan jumlah penumpang yang berangkat dari Pulau Jawa pada arus mudik (H-7 sampai H) sebanyak 835.718 orang.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi