Rabu, 01/05/2024 - 02:15 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Menhub: Pembangunan Transportasi Massal Tekan Kemacetan dan Polusi

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pembangunan transportasi massal merupakan salah satu cara menekan kemacetan dan polusi udara khususnya di wilayah DKI Jakarta.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Di DKI Jakarta sudah menyediakan MRT, LRT, KRL, menggunakan angkutan massal supaya tidak macet dan tidak polusi,” kata Budi usai menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara PT MRT Jakarta dengan Sojitz Corporation di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Rabu (17/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Oleh karena itu, Budi mengimbau masyarakat khususnya yang berada di wilayah DKI Jakarta agar menggunakan transportasi umum sehingga dapat menekan kemacetan dan polusi udara.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Dalam kesempatan ini saya mengimbau bahwa penggunaan angkutan massal di Jakarta pun belum terlalu tinggi, jadi saya mengajak ayo menggunakan angkutan massal,” ujar Budi.

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Menurut Budi, DKI Jakarta akan menjadi kota percontohan dalam penyediaan transportasi massal bagi daerah-daerah di Indonesia.

Berita Lainnya:
KAI Tanjungkarang Catat 72 Ribu Penumpang Selama Lebaran 2024

“Berulang kali saya sampaikan bahwa Jakarta adalah satu contoh untuk kota-kota yang lain dan angkutan massal adalah suatu hal yang penting bagi setiap kota yang ada di Indonesia,” tutur Budi.

Ia mengatakan bahwa pemerintah terus berupaya meningkatkan mobilitas dan aksesibilitas transportasi bagi masyarakat.

“Memang apa yang dicanangkan oleh Bapak Presiden (Joko Widodo) berapa tahun yang lalu berkaitan dengan MRT adalah benar. Dan benar Pak Gubernur bahwa Jakarta adalah salah satu contoh dari pada transformasi perkotaan,” kata Budi.

Sebelumnya, PT MRT Jakarta (Perseroda) dan Sojitz Corporation perusahaan dari Jepang melakukan penandatanganan kerja sama perjanjian perancangan dan pembangunan CP205 fase 2A MRT Jakarta, yaitu sistem perkeretaapian dan rel (track).

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta (Perseroda) Weni Maulina dan Assistant General Manager, Airport, and Transportation Infrastructure Department Sojitz Corporation Naoki Kazama dan disaksikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masaki Yasushi, Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan Direktur Utama PT MRT Jakarta Tuhiyat.

Berita Lainnya:
Kemenhub Catat Penumpang Angkutan Umum Capai 1,2 Juta Orang pada H+3 Lebaran

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat menyampaikan bahwa proses tender CP205 menggunakan international competitive bidding dengan periode kontrak berlangsung selama 75 bulan, yaitu hingga akhir 2029.

Tuhijat mengatakan CP205 merupakan bagian dari paket kontrak kerja pembangunan MRT Jakarta fase 2A. Paket kontrak CP205 meliputi gardu induk, sistem distribusi daya, listrik aliran atas, persinyalan, telekomunikasi, Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA), rel dan pintu tepi peron.

“Nilai kontraknya sebesar Rp 4,2 triliun. CP205 akan mendukung operasional MRT Jakarta dari Bundaran HI hingga Kota,” kata Tuhiyat.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi