Selasa, 30/04/2024 - 19:09 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Permintaan Kopi Indonesia Meningkat di Korea Selatan, Peluang Ekspor Makin Besar

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Kopi Indonesia menjadi salah satu yang mengalami peningkatan tren permintaan di Korea Selatan. Ini menjadi peluang untuk produk-produk kopi nasional berekspansi, salah satunya Toko Kopi Tuku yang ambil kesempatan tersebut.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Atase Perdagangan (Atdag) KBRI di Seoul, Korea Selatan Eko Prilianto Sudrajat mengatakan, pembukaan kedai kopi sementara atau pop-up yang dilakukan Toko Kopi Tuku di Korea Selatan sejalan dengan program Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk meningkatkan ekspor produk Indonesia ke Negara Gingseng tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Eko menyebutkan Kemendag terus mendukung upaya pelaku usaha Indonesia untuk berekspansi ke luar negeri untuk memasarkan produk-produknya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Kementerian Perdagangan terus mendukung upaya yang dilakukan pelaku usaha dengan membuka kedai pop-up seperti ini maupun dalam bentuk lainnya untuk mengekspor produk Indonesia di Korea Selatan,” ujar Eko melalui keterangan di Jakarta, Rabu (17/4/2024).

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Mahasiswa Kedokteran Korsel Minta Pengadilan Hentikan Kenaikan Kuota

Sementara itu, Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Seoul Zelda Wulan Kartika mengatakan, tujuan Toko Kopi Tuku membuka kedai kopi pop-up ini adalah untuk mengeksplorasi peluang ekspansi bisnis di Korea Selatan untuk produk kopi dan peralatan penyeduhannya.

Dengan adanya kedai kopi pop-up tersebut, pelaku usaha dapat melihat antusiasme konsumen dan mempelajari perilaku konsumen.

Selain itu, hal ini juga dimanfaatkan untuk memperoleh informasi pasar di Korea Selatan dan membangun jaringan komunitas setempat untuk memperkenalkan dan mempromosikan kekayaan budaya kopi Indonesia di Korea Selatan.

Korea Selatan dipilih sebagai tujuan ekspansi dikarenakan kecintaan masyarakat Korea Selatan terhadap budaya minum kopi.

“Hadirnya kedai kopi pop-up ini sangat bermanfaat bagi pelaku usaha untuk mengetahui dan memperoleh informasi pasar suatu produk, dalam hal ini produk kopi. Pelaku usaha juga dapat berinteraksi secara langsung dan menangkap keinginan konsumen,” kata Zelda.

Pada 2023, berdasarkan data Korea International Trade Association (KITA), Korea Selatan mengimpor kopi dari Indonesia sebesar 11,2 juta dolar AS. Pada periode 2019-2023 impor kopi tersebut mengalami peningkatan tren rata-rata 3,85 persen. Hal ini membuktikan bahwa publik Korea Selatan menggemari produk kopi asal Indonesia.

Berita Lainnya:
Uji Coba Rudal, Korut Kembali Tingkatkan Ketegangan di Semenanjung Korea

Total perdagangan nonmigas Indonesia dengan Korea Selatan tahun 2023 mencapai 18,17 miliar dolar AS. Tren perdagangan nonmigas kedua negara mengalami peningkatan pada periode lima tahun terakhir (2019-2023) sebesar 12,14 persen.

Sementara itu, nilai ekspor nonmigas Indonesia ke Korea Selatan tahun 2023 tercatat sebesar 8,60 miliar dolar AS. Tren nilai ekspor nonmigas Indonesia ke Korea Selatan pada periode lima tahun terakhir (2019-2023) mengalami peningkatan 14,21 persen.

Sedangkan, nilai impor nonmigas Indonesia dari Korea Selatan pada 2023 adalah 9,57 miliar dolar AS. Tren nilai impor nonmigas Indonesia dari Korea Selatan meningkat dalam lima tahun terakhir (2019-2023) sebesar 10,26 persen.

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi