Sabtu, 27/07/2024 - 13:01 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Pakistan Akui Batasi Akses Media Sosial X 

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

ISLAMABAD — Kementerian Dalam Negeri Pakistan mengatakan telah memblokir akses media sosial X saat pemilihan umum bulan Februari lalu atas alasan keamanan. Pernyataan ini mengkonfirmasi dugaan sebelumnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Pada pertengahan Februari lalu pengguna X di Pakistan mengatakan mereka kesulitan mengakses media sosial itu. Tapi, Pemerintah Pakistan belum memastikan langkah itu sampai saat ini.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Kementerian Dalam Negeri Pakistan menyinggung penghentian akses sementara dalam dokumen tertulis ke Pengadilan Tinggi Islamabad. Penggagas petisi Abdul Moiz Jafri mengatakan pengadilan yang lain memberitahu pemerintah untuk mempertimbangkan larangan selama satu pekan.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

“Sangat penting untuk disinggung kegagalan X/Twitter untuk mematuhi arahan sah Pemerintah Pakistan dan mengatasi kekhawatiran mengenai penyalahgunaan platformnya hingga diperlukan larangan,” kata kementerian dalam dokumen yang dikirim ke pengadilan, Rabu (17/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Kementerian mengatakan X enggan menyelesaikan masalah ini. X belum menanggapi permintaan untuk komentar. “Keputusan untuk memberlakukan larangan pada X/Twitter di Pakistan diambil untuk kepentingan keamanan nasional, ketertiban umum dan menjaga integritas negara kami,” kata kementerian.

Berita Lainnya:
Perang Lebanon-Israel Memanas, Pasukan Hizbullah Kirim Rentetan Serangan Drone ke Israel Utara
ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Akses ke X masih terbatas sejak 8 Februari ketika pemilihan umum digelar. Partai mantan perdana menteri Imran Khan mengatakan pemilihan umum itu dicurangi. Di antara partai-partai politik lain partai Khan yang paling produktif menggunakan media sosial.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Terutama sejak media tradisional mulai mensensor berita mengenai atlet kriket itu dan partainya menjelang pemilihan umum. Khan memiliki 20 juta pengikut di X, akun terbanyak yang diikuti pengguna Pakistan.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Khan mengatakan, militer Pakistan dalang yang membuatnya digulingkan kursi perdana menteri pada 2022 lalu. Kemudian membantu lawannya untuk membentuk pemerintahan saat ini meski kandidat yang didukung partainya memenangkan paling banyak kursi di pemilihan bulan Februari lalu. Militer membantah tuduhan tersebut.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Ia masih berada di dalam penjara atas sejumlah dakwaan yang sebagian besar dijatuhkan beberapa hari sebelum pemilihan umum. Banyak pejabat pemerintah termasuk Perdana Menteri Shehbaz Sharif yang masih menggunakan X, dan sebagian besar menggunakan perangkat lunak VPN untuk menerobos pembatasan akses.

Berita Lainnya:
Houthi Ancam Bom Bandara King Abdulaziz Jika Arab Saudi Bantu Israel Serang Yaman

Kementerian Dalam Negeri Pakistan mengatakan keputusan untuk memblokir sementara X diambil berdasarkan laporan rahasia dari intelijen dan badan-badan keamanan Pakistan. “Elemen-elemen musuh yang beroperasi di X/Twitter memiliki niat jahat untuk menciptakan lingkungan kacau dan tidak stabil, dengan tujuan utamanya merusak stabilitas negara dan menjerumuskannya ke dalam suatu bentuk anarki,” kata kementerian.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia dan pengguna layanan iklan X khawatir dengan langkah ini. Aktivis digital Usama Khilji mengatakan pemblokiran X tampaknya dirancang untuk menghambat akuntabilitas demokrasi.

Terutama di tengah tuduhan dan bukti kecurangan pemilu. Menurut Khilji kemampuan X menyebarkan informasi dengan cepat membuat warga dapat meminta pertanggung jawaban demokrasi.

“Menjadi hampir tidak mungkin menyakinkan pengiklan Pakistan untuk berinvestasi di Twitter untuk komunikasi jenama, karena platform tersebut dibatasi oleh otoritas pemerintah,” kata konsultan pemasaran Saif Ali. 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

ذَٰلِكَ جَزَاؤُهُمْ جَهَنَّمُ بِمَا كَفَرُوا وَاتَّخَذُوا آيَاتِي وَرُسُلِي هُزُوًا الكهف [106] Listen
That is their recompense - Hell - for what they denied and [because] they took My signs and My messengers in ridicule. Al-Kahf ( The Cave ) [106] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi