Kamis, 02/05/2024 - 04:10 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Tips Kendalikan Diabetes untuk Hindari Gangguan Penglihatan

ADVERTISEMENTS

Mengukur kadar gula darah penting dilakukan oleh pengidap diabetes. Gula darah perlu dikendalikan agar tak terjadi komplikasi diabetes, seperti gangguan penglihatan.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — Mengontrol diabetes penting dilakukan untuk kesehatan secara keseluruhan serta menghindari gangguan pada penglihatan. Komplikasi penyakit yang juga dikenal dengan sebutan kencing manis itu bisa dihindarkan dengan cara sederhana, yakni melalui diet atau mengatur pola makan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Agar bisa lebih mengendalikan diabetesnya, menurut dr Made Indra Widyanatha SpM, pengidap perlu mengetahui jenis penyakitnya terlebih dahulu. Kenali apakah Anda mengidap tipe 1 yang memicu kekurangan insulin atau tipe 2 yang membuat resisten terhadap insulin.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Gula Darah dan Kolesterol tak Terkontrol Berisiko Timbulkan Serangan Stroke
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Misalnya karena faktor kegemukan atau konsumsi karbohidrat atau konsumsi makanan atau minuman yang manis-manis berkepanjangan atau dalam jumlah yang besar dan secara kita tidak sadar. Nah itu yang menyebabkan resistensi terhadap insulin,” kata dokter dari Rumah Sakit Mata Cicendo, Bandung, Jawa Barat itu dalam siniar berjudul “Mata Bermasalah Karena Diabetes, Kok Bisa?” yang disiarkan oleh Kementerian Kesehatan, di Jakarta, Kamis (18/4/2024).

ADVERTISEMENTS

Dalam kesempatan itu, dr Made mengatakan bahwa diabetes yang tidak terkontrol dapat menyebabkan gangguan penglihatan, misalnya, katarak dan bahkan kebutaan apabila tidak ditangani secara baik. Dampak-dampak lain akibat diabetes adalah gangguan neurologi serta urologi.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Tepat Menangani dan Mendeteksi Gangguan Leher

 

Dokter Made menjelaskan, katarak umumnya diderita pada umur 50-55 tahun, namun katarak karena diabetes dapat muncul di usia yang lebih muda. Kalaupun muncul pada rentang usia 50-55, kataraknya dapat menjadi lebih tebal.

Menurut dr Made, mengontrol pola makan penting bagi penderita diabetes tipe 2. Ia menyebut, gula terkadang seperti candu, sehingga mengontrol pola makan menjadi yang paling sulit meskipun hal paling sederhana untuk dilakukan.

Selain itu, pengidap diabetes perlu berobat secara teratur. Bagi pengidap  diabetes tipe 1, perlu diberikan insulin, sedangkan pada diabetes tipe 2, pengobatannya sedikit lebih kompleks, dan tidak serta merta dengan insulin.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi