Sabtu, 25/05/2024 - 08:38 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

KAI Bandung Nyatakan Perjalanan KA Periode Milir-Mudik Berjalan Lancar

 BANDUNG — PT KAI Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung menyatakan perjalanan kereta api pada periode arus milir dan mudik Lebaran 2024 ini berjalan dengan lancar meski ada berbagai kejadian yang disebabkan alam di sepanjang jalur.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Untuk arus mudik dan balik, Alhamdulillah perjalanan kereta api aman dan lancar meskipun ada beberapa kejadian yang disebabkan oleh alam,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung Ayep Hanapi saat dikonfirmasi di Bandung, Jumat (19/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Berbagai kejadian yang menjadi catatan oleh KAI adalah longsor di kawasan Cilame, Padalarang; banjir di jalur KA sebelum Kota Sukabumi; serta yang terakhir adalah terendam banjirnya emplasmen di Stasiun Cimekar, Kabupaten Bandung.

“Tapi itu semua tidak mengganggu perjalanan kereta api sama sekali. Yang longsor kita sigap perbaikan selama dua jam dan selesai hingga jalur bisa dilayani dengan normal,” ucap Ayep.

Ayep mengaku banjir di emplasmen Cimekar pada 12 April 2024 menjadi sorotan besar karena jalur KA terlihat tertutup oleh aliran air, namun Ayep menyebut hal tersebut tidak mengganggu perjalanan kereta meski KA Lodaya (Solo Bandung) mengalami keterlambatan lima menit dari jadwal.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Tiket Konser Sheila On 7 "Tunggu Aku di.." untuk Lima Kota Ludes Terjual

“Itu karena perjalanannya harus pelan, karena kecepatannya dibatasi 5 km per jam, jadi perlambatannya karena itu, bukan karena ditahan. Sementara untuk kereta api lokal dan kereta lainnya tidak terdampak,” tutur dia.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sebelumnya, PT KAI Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung mengungkapkan bahwa animo penumpang mudik dan milir pada periode angkutan lebaran 2024 ini meningkat 20 persen dibandingkan tahun 2023.

“Tahun ini, ketersediaan tempat duduk dibandingkan tahun lalu kami tambah 40 persen, sedangkan untuk animo masyarakat dibandingkan dengan tahun 2023, meningkat 20 persen,” kata Ayep Hanapi.

ADVERTISEMENTS

Hal ini, kata Ayep, tidak terlepas dari kebijakan penambahan perjalanan kereta api yaitu sebanyak enam perjalanan, di mana empat perjalanan dari Stasiun Bandung dengan tujuan Solo (dua perjalanan), Semarang, dan Jakarta. Sementara dua lainnya keberangkatan dari Kiaracondong dengan tujuan Surabaya dan Kutoarjo.

ADVERTISEMENTS

PT KAI Daop 2 Bandung mencatat dari 11 stasiun yang melayani naik turun penumpang yaitu Stasiun Bandung, Kiaracondong, Banjar, Ciamis, Tasikmalaya, Cipendeuy, Cibatu, Leles, Garut, Cimahi dan Purwakarta, pada periode pra lebaran dari tanggal 31 Maret sampai 9 April 2024 sebanyak 125.834 penumpang menggunakan kereta api.

Berita Lainnya:
Menkop UKM Dorong Pelaku Usaha Mikro Bermental Pengusaha

Pada periode lebaran yang diberlakukan oleh KAI dua hari yakni 10 April dan 11 April 2024, ada sebanyak 32.452 penumpang menggunakan kereta api.

Sedangkan pasca lebaran, dari tanggal 12 April sampai 15 April 2024, sebanyak 145.662 penumpang menggunakan kereta dengan jumlah yang naik sebanyak 72.273 orang dan yang turun 73.389 orang.

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi