Kemenag Aceh Target Keluarkan 6.000 Sertifikat Produk Halal Tahun Ini

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

ADVERTISEMENTS

HARIANACEH.co.id|Takengon – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Aceh, Drs H Azhari MSi, menegaskan komitmen untuk memaksimalkan penyertifikasian tanah wakaf dan produk halal di Aceh.

ADVERTISEMENTS

Hal itu disampaikannya dalam acara penyerahan sertifikat yang diadakan di Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Takengon, Jum’at (19/4/2024). Ia menyampaikan target untuk mengeluarkan enam ribu sertifikat produk halal tahun ini, , bagi pelaku usaha dan kantin madrasah/sekolah di Aceh.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

“InsyaaAllah kita bisa optimalkan penyertifikasian sesuai target,” ujar Azhari.

ADVERTISEMENTS
ADVETISEMENTS

Selain itu, Kakanwil juga menyampaikan data dan dinamika perwakafan serta penyertifikasian di Aceh, seperti dasar hukum, nilai manfaat, urgensi dokumen, dan solusi atas problematika di lapangan.

ADVERTISEMENTS

Azhari juga menyemangati para jajaran Kemenag atas suksesnya penyertifikasian tersebut.

ADVERTISEMENTS

“Jangan bosan-bosan melayani. Jangan minta dilayani, tapi layani dengan maksimal. Semua usaha yang berkah akan menghasilkan hasil yang berkah,” imbuh Azhari yang pernah menjabat Kepala Bidang Urusan Agama Islam (Kabid Urais) dan Kabid Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat Wakaf (Penaiszawa).

ADVERTISEMENTS

Sementara itu, Pj Bupati Aceh Tengah, T Mirzuan MT, turut mengapresiasi kerja sama yang telah terjalin, menyampaikan selamat kepada para penerima sertifikat hari ini, dan mengajak nazhir wakaf untuk mengelola tanah wakaf dengan baik.

ADVETISEMENTS

“Pengelola tanah wakaf dan sertifikatnya sangat penting untuk menjaganya agar pengelolaan optimal,” katanya.

Pj Bupati juga menyebutkan pentingnya pengurusan sertifikat halal. “Produk halal bukan hanya kebutuhan muslimin, juga kebutuhan global yang menjadi nyaman untuk dikonsumsi,” sebutnya.

Kakanwil Kemenag Aceh Tengah, H Wahdi MS MA, melaporkan, kerja sama antara Kemenag, Badan Pertanahan Nasional (BPN), Kejaksaan Negeri, penyuluh, Kantor Urusan Agama (KUA), dan mitra terkait lainnya telah menghasilkan seribuan sertifikat.

“Sertifikat wakaf hasil bekerjasama mitra terkait, berjumlah 1.022,” ungkap Wahdi.

Wahdi, yang pernah menjabat Kakankemenag Bener Meriah juga menyampaikan, hasil dari kemitraan, untuk sertifikat produk halal yang sudah bersertifikat sejak 2023 sudah mencapai 919 sertifikat.

“Dan ratusan lainnya sedang menyusul, bersama para penyuluh setempat,” ujarnya.

Acara ini juga diisi dengan peresmian Gedung Baru Ihmal Market, Deklarasi Zona Integritas (ZI) MAN 1 dan MTsN 1 Aceh Tengah, serta peluncuran Madrasah Diniyah (Madin) MAN 1 dan MTsN 1 Aceh Tengah. Hadir dalam acara tersebut, MPU, Kapolres, Kajari, Plh Rektor IAIN Takengon, Ketua DMI, BPN, Mahkamah Syar’iyah, dan unsur lainnya.

Agenda berikutnya adalah Sosialisasi Tata Kelola Organisasi yang akan diadakan di Grand Bayu Hill Hotel, dataran tinggi Gayo, bersama Kasubbag TU, operator, dan pihak madrasah se-Aceh. []

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
Exit mobile version