Selasa, 21/05/2024 - 21:23 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Pemkab Aceh Besar Bantu Korban Kebakaran di Meunasah Mayang

HARIANACEH.co.id|Aceh Besar – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto memberikan bantuan masa panik untuk korban kebakaran lima rumah di Meunasah Mayang, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Sabtu (20/4/2024) malam.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Muhammad Iswanto didampingi Plt Kepala Dinas Sosial Aceh Besar Aulia Rahman secara simbolis menyerahkan bantuan masa panik berupa sandang dan pangan kepada salah seorang korban kebakaran tersebut.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Semoga bantuan masa panik berupa sandang dan pangan ini, dapat membantu Bapak dan Ibu dalam beberapa hari kedepan, Insya Allah nanti akan datang bantuan dari pihak lain,” ujarnya.

Ia juga meminta para korban untuk tabah dan sabar dalam menghadapi musibah, karena pasti ada makna dibalik cobaan yang diberikan Allah SWT.

“Jadi kami memohon agar tetap tabah, ini cobaan, pasti ada makna dan rahmat-Nya dibalik peristiwa ini, yang penting jangan lupa shalat dan terus berdoa,” pintanya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Pj Bupati Iswanto juga mengucapkan terimakasih atas partisipasi masyarakat dan petugas Dankar Aceh Besar dan Kota Banda Aceh serta TNI/ Polri yang telah bahu-membahu membantu korban pada saat api mulai membara dari satu rumah yang akhirnya menyambar ke empat rumah lainnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
2.876 KPM di Ingin Jaya Aceh Besar Kembali Terima Bantuan Cadangan Pangan

“Terima kasih atas partisipasi masyarakat dan seluruh pihak yang ikut membantu menyelamatkan sebagian barang korban, dan tentunya kepada tim pemadam yang berhasil menjinakkan api hingga menjelang petang tadi,” kata Iswanto.

Selain Plt Kadis Sosial Aceh Besar, turut juga mendampingi Pj Bupati Iswabto pada saat penyerahan bantuan tersebut, Kepala Dinas Syariat Islam, Kepala Dinas Pertanian, Kepala BKPSDM, Camat serta Forkopimcam Krueng Barona Jaya.

ADVERTISEMENTS

Kebakaran tersebut mulai terjadi sekira pukul 16.55 Wib, yang menghanguskan lima unit rumah di Gampong Meunasah Mayang Kecamatan Krueng Barona Jaya yang mengakibatkan 4 unit rumah kontruksi permanen mengalami rusak berat dan 1 unit rumah rusak ringan dan satu mobil minibus hangus terbakar.

ADVERTISEMENTS

Kalaksa BPBD Aceh Besar, Ridwan Jamil melalui Operator Pusdalops BPBD Aceh Besar, Maswani mengatakan Damkar BPBD Aceh Besar mengetahui adanya kebakaran tersebut setelah menerima informasi tentang adanya kejadian kebakaran rumah yang disampaikan oleh masyarakat pada pukul 16.55 Wib.

Berita Lainnya:
Kapolda Aceh Apresiasi Upaya Ditlantas Meminimalisir Laka Lantas

Menyikapi kejadian tersebut petugas Damkar Pos Induk Sibreh langsung berkoordinasi dengan pos terdekat untuk menangani kejadian kebakaran rumah yang berada di area padat penduduk tersebut.

Saat tiba di lokasi petugas juga sempat kewalahan dalam melakukan pemadaman, dikarenakan yang terbakar adalah material yang mudah terbakar, seperti bahan bakar minyak dan tabung gas.

Dalam musibah kebakaran tersebut para pemilik rumah tidak sempat menyelematkan harta benda miliknya karena api dengan cepat membesar.

“Selain rumah, dalam musibah kebakaran ini juga turut menghanguskan satu unit kios, dan satu mobil jenis minibus Suzuki APV juga habis terbakar,“ tutur Maswani.

Maswani menambahkan, dalam penanganan kebakaran, Damkar BPBD Aceh Besar mengerahkan 9 unit armada pemadam kebakaran ke lokasi kejadian dengan dukungan 25 orang personil. Dalam penanganan kebakaran tersebut juga dibantu 9 unit Armada DPKP Kota Banda Aceh.

“Usaha pemadaman dan pendinginan baru selesai dilakukan pada pukul 18.31 Wib. Sementara penyebab kejadian kebakaran masih dalam penyelidikan pihak Polsek Krueng Barona Jaya,” demikian Maswani.

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi