Jumat, 03/05/2024 - 01:20 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kemensos Distribusikan Bantuan Bagi Korban Erupsi Gunung Ruang

ADVERTISEMENTS

MANADO — Kementerian Sosial telah membagikan beragam bantuan bagi masyarakat korban erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Provinsi Sulawesi Utara. Sekitar 826 jiwa yang bermukim di dua desa di kaki Gunung Ruang, yakni Desa Laingpatehi dan Desa Pumpente mengungsi ke pulau terdekat, Pulau Tagulandang, yang bisa ditempuh sekitar satu jam melalui laut.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Jumat (19/4/20244), menyatakan radius bahaya erupsi Gunung Ruang sekitar enam kilometer dari pusat kawah aktif. Karena itu warga dua desa yang berada di pesisir barat Pulau Tagulandang, Desa Bahoi dan Desa Balehumara, juga mengungsi ke bagian timur Pulau Tagulandang.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

kemensos menerjunkan tim ke lokasi bencana sekaligus menyalurkan berbagai bantuan dari Sentra Tumou Tou Manado. “Selain membawa bantuan logistik, kami juga membawa perawat serta psikolog. Kami bekerja sama dengan dinas kesehatan setempat untuk menangani pengungsi,” kata Kepala Sentra Tumou Tou Manado Kemensos, Meerada Saryati Aryani dalam keterangan tertulisnya di Manado.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Terdampak Erupsi Gunung Ruang, Bandara Sam Ratulangi Manado Tutup Hingga Pukul 12.00 Wita

Tidak mudah menjangkau Pulau Tagulandang karena hanya bisa diakses melalui jalur laut. Karena itu, Kemensos bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut untuk membawa dan menyalurkan bantuan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Kami berangkat dari Pelabuhan Satuan Patroli Terbatas (Satroltas), Bitung, Manado, menuju Pulau Tagulandang dengan menggunakan KRI Kakap 811 TNI AL. Perjalanan laut ini ditempuh selama enam jam,” kata Task Force Kemensos, Devario Ardiansyahrul Ozifeira.

 

Setibanya di pelabuhan di Pulau Tagulandang, bantuan logistik diangkut hingga lokasi pengungsian yang berjarak sekitar 5 kilometer. Pengangkutan dibantu dengan menggunakan kendaraan milik masyarakat setempat secara swadaya.

 

Kemensos telah mendirikan tenda untuk dapur umum dan penyimpanan logistik pengungsi di Desa Apengsala, Kepulauan Siau Tagulandang Biaro. Bantuan dari gudang logistik Sentra Tomou Tou Manado yang dibawa ke lokasi berupa makanan siap saji 800 paket, lauk pauk siap saji 500 paket, makanan anak 500 paket, selimut 100 lembar.

Kemudian, sandang dewasa 200 paket, sandang anak 150 paket, family kit 160 paket, kids ware 100 paket, tenda gulung 100 lembar, tenda keluarga portable 20 unit, dan tenda serbaguna lima unit. Kemensos juga langsung mendirikan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi.

Berita Lainnya:
Prabowo Bakal Temui Cak Imin Usai Ditetapkan sebagai Presiden RI Terpilih oleh KPU

“Untuk memenuhi kebutuhan dapur umum, Kemensos menyiapkan 1 ton beras, 900 kg telur serta mobil dapur umum yang sudah mulai beroperasi Jumat ini,” kata Meerada.

 

Tim yang diterjunkan terdiri atas tim Direktorat Perlindungan Sosial dan Korban Bencana Alam (PSKBA) Kemensos, Taskforce, Sentra Tumou Tou Manado beserta staf, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Sulut serta Tagana Sulawesi Utara.

 

Sementara itu, hujan batu dari erupsi eksplosif Gunung Ruang menyebabkan PLN melakukan pemadaman listrik sementara untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran. Karena itu, Kemensos juga membawa genset tambahan sebanyak lima unit untuk membantu penerangan di tempat-tempat pengungsian, dan selain memberikan bantuan logistik, Layanan Dukungan Psikososial (LDP) mulai dilaksanakan Jumat 19 April 2024.

 

“LDP ini menyasar anak-anak yang berada di pengungsian,” kata Meerada.

 

Gunung Ruang yang berada di tengah Laut Sulawesi terletak sekitar 125 mil laut atau enam jam perjalanan kapal laut dari Manado tersebut, erupsi eksplosif sejak Selasa (16/4) pukul 21.45 dan terus berlanjut.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi