Sabtu, 27/07/2024 - 08:19 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Pemkot Madiun Waspada Potensi Bencana Dampak Cuaca Ekstrem

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

MADIUN — Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur (Jatim), mewaspadai potensi terjadinya bencana alam hidrometeorologi di wilayah itu sebagai dampak dari cuaca ekstrem karena perubahan iklim. Salah satu yang dilakukan yaitu melakukan apel kesiapsiagaan bencana dan menyiapkan personel yang tanggap.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

“Bencana tidak bisa direncanakan, datangnya juga tidak bisa diprediksi. Karenanya Pemkot Madiun selalu siap,” ujar Wali Kota Madiun Maidi saat memimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana di Lapangan Rejomulyo, Kota Madiun, Jumat (19/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Menurut dia, potensi bencana tetap ada di Kota Madiun walaupun bukan daerah kategori rawan berat bencana. Apalagi Kota Madiun berada di dataran rendah di antara dua gunung yakni, Gunung Lawu dan Wilis, serta berada di aliran anak Sungai Bengawan Solo yakni Bengawan Madiun. Sehingga potensi tersebut tetap ada, seperti bencana banjir dari air kiriman hingga angin puting beliung.

Berita Lainnya:
KPK Didesak Segera Tindaklanjuti Nyanyian SYL, terkait Dugaan Paloh Terima Duit Haram
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Oleh karena itu, kata dia, berbagai upaya pencegahan dan mitigasi bencana harus dilakukan, salah satunya meningkatkan kesiapsiagaan personel BPBD, peralatan penanggulangan bencana, pemetaan daerah rawan, meningkatkan partisipasi masyarakat, hingga sinergi dengan daerah lain. Selain itu di rawan banjir luapan Sungai Bengawan Madiun juga sudah dipasang alat deteksi bencana dini atau Early Warning System (EWS). Tanda kewaspadaan dini tersebut diharap bisa meningkatkan kewaspadaan masyarakat saat bencana tiba.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Wali kota berharap bencana tidak menghampiri Kota Madiun. Namun, saat bencana tiba setidaknya personel maupun masyarakat sudah lebih siap sehingga dampaknya bisa diminimalkan.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

“Tentu kita tidak menginginkan bencana. Tetapi kalau itu terjadi, setidaknya masyarakat sudah lebih waspada dan petugas siap sehingga dampaknya bisa kita tekan,” kata Wali Kota Maidi.

Berita Lainnya:
Pulang ke Rumah, Pegi Ingin Lanjutkan Cita-Citanya
ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Peran serta masyarakat juga tak kalah penting. Pemkot Madiun juga terus mendorong warga Kota Madiun terlibat dalam pencegahan bencana, salah satunya dengan pembersihan sanitasi lingkungan. Pemkot Madiun memberikan anggaran Rp 10 juta per RT untuk pembersihan saluran air mencegah luapan air.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Anggaran itu ditingkatkan dari Rp 9 juta per RW, kemudian Rp 5 juta per RT, dan tahun ini menjadi Rp 10 per RT. “Kalau hanya mengandalkan pemerintah tentu kurang optimal. Silakan lingkungan dibersihkan masing-masing. Dengan pembersihan saluran air, tak hanya mencegah banjir, namun juga mencegah penyakit, seperti demam berdarah dan diare,” katanya. Sementara kesiapsiagaan bencana diikuti oleh petugas BPBD, Satpol PP, TNI, Polri, relawan tanggap bencana, dan perwakilan masyarakat.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

سَيَقُولُونَ ثَلَاثَةٌ رَّابِعُهُمْ كَلْبُهُمْ وَيَقُولُونَ خَمْسَةٌ سَادِسُهُمْ كَلْبُهُمْ رَجْمًا بِالْغَيْبِ ۖ وَيَقُولُونَ سَبْعَةٌ وَثَامِنُهُمْ كَلْبُهُمْ ۚ قُل رَّبِّي أَعْلَمُ بِعِدَّتِهِم مَّا يَعْلَمُهُمْ إِلَّا قَلِيلٌ ۗ فَلَا تُمَارِ فِيهِمْ إِلَّا مِرَاءً ظَاهِرًا وَلَا تَسْتَفْتِ فِيهِم مِّنْهُمْ أَحَدًا الكهف [22] Listen
They will say there were three, the fourth of them being their dog; and they will say there were five, the sixth of them being their dog - guessing at the unseen; and they will say there were seven, and the eighth of them was their dog. Say, [O Muhammad], "My Lord is most knowing of their number. None knows them except a few. So do not argue about them except with an obvious argument and do not inquire about them among [the speculators] from anyone." Al-Kahf ( The Cave ) [22] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi