Kamis, 23/05/2024 - 00:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Bukan Cuma Nenek yang Harus Tahu: Bayi Jangan Dikasih Campuran Air, Gula Merah, dan Madu

Bayi sakit (ilustrasi). Pemberian makanan atau minuman selain ASI eksklusif pada bayi di bawah usia enam bulan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — Sebuah video Tiktok dari akun @nurullftra yang viral di media sosial memperlihatkan seorang bayi yang kesakitan setelah diberi campuran air, gula merah, dan madu oleh neneknya lantaran ASI sang bunda belum keluar. Dokter spesialis anak, Harun Albar, pun menyampaikan peringatan serius terkait pemberian minuman yang menyebabkan bayi tersebut sampai dirawat 16 hari di neonatal intensive care unit (NICU).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan
Berita Lainnya:
Orang Pertama Penerima Transplantasi Ginjal Babi Hasil Rekayasa Genetika Meninggal Dunia

Dokter Harun mengungkapkan bahwa pemberian makanan atau minuman selain ASI eksklusif pada bayi di bawah usia enam bulan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Pemberian air susu ibu (ASI) secara eksklusif sangat penting untuk kesehatan pencernaan bayi, sementara asupan makanan/minuman lain dapat mengganggu pencernaan.

“Pertama, pemberian kepada bayi itu harusnya ASI eksklusif, soalnya kalau bukan ASI eksklusif itu bakal jadi problem buat pencernaannya,” kata dokter spesialis anak dari RSIA Brawijaya Antasari, Jakarta, itu di media sosial X (sebelumnya bernama Twitter), Sabtu (20/4/2024).

Berita Lainnya:
Wanita di Ngawi Meninggal Setelah Cabut Gigi Bungsu, Seberapa Besar Bahaya Melakukannya?

Selain itu, dr Harun menjelaskan bahwa memberikan terlalu banyak air pada bayi dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti begah atau kembung, yang kemudian dapat menghambat penyerapan nutrisi dari ASI. Dokter yang juga praktik di RSIA Kemang Medical Care, Jakarta itu juga menyoroti bahaya memberikan madu pada bayi di bawah usia satu tahun.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi