Sabtu, 27/07/2024 - 17:35 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Dimasak dengan Minyak Goreng Bekas, Makanan Jadi Mengandung Zat Perusak Otak

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

Pedagang menggoreng cilor (aci telor) dengan minyak bekas. Mengonsumsi makanan yang digoreng dengan minyak bekas bisa bahayakan kesehatan otak.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

JAKARTA — Menggoreng adalah salah satu cara yang umum dipraktikkan warga dunia dalam mengolah bahan pangan. Dilansir The Sun, Jumat (19/4/2024), para ilmuwan dari University of Chicago di Chicago, Illinois, Amerika Serikat (AS) mempelajari pengaruh makanan yang digoreng dalam kuali besar berisi minyak goreng bekas.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Mereka menemukan bahwa minyak goreng bekas, yang digunakan untuk memasak makanan dan kemudian dipanaskan berulang, mengandung sifat yang merusak otak. Bahan berbahaya itu yang meresap ke dalam makanan yang dikonsumsi masyarakat.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Restoran di berbagai belahan dunia banyak yang memakai minyak bekas untuk menggoreng makanan. Rantai makanan cepat saji biasanya menggunakan kembali minyak selama sehari, beberapa hari, atau bahkan berminggu-minggu.

Berita Lainnya:
Cara Keramas yang Benar Menurut Dokter: Pijat Kulit Kepala, Pakai Air Suam Kuku
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Dalam penelitian tersebut, tikus dibagi menjadi lima kelompok. Masing-masing diberi makanan standar untuk dimakan, atau makanan yang dilengkapi dengan minyak wijen atau bunga matahari yang tidak dipanaskan atau dipanaskan kembali.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Minyak yang dipanaskan kembali digunakan untuk mensimulasikan efek minyak goreng yang digunakan kembali. Tikus yang mengonsumsi minyak wijen atau bunga matahari yang dipanaskan kembali mengalami peningkatan stres oksidatif dan peradangan di hati. Medical Daily melaporkan mereka juga mengalami kerusakan parah pada usus besar.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Para peneliti mengatakan bahwa perubahan pada hati berarti pengangkutan asam lemak omega-3 DHA ke otak menurun. Menurut mereka, hal ini menyebabkan tingkat degenerasi saraf yang lebih tinggi pada tikus dan keturunannya.

Berita Lainnya:
6 Cara Sederhana Cegah Demensia
ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Tikus yang diberi makanan tinggi minyak bekas menunjukkan lebih banyak tanda-tanda peradangan di hati yang diyakini mempercepat penurunan kognitif. Penurunan kognitif merupakan cikal bakal demensia.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Para peneliti juga mendeteksi lebih banyak tanda-tanda kerusakan otak pada tikus yang diberi makanan tinggi minyak panas dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kerusakan otak yang sama tampaknya juga terjadi pada anak-anak tikus yang mengonsumsi makanan berbahaya.

“Menggoreng dengan suhu tinggi telah dikaitkan dengan beberapa gangguan metabolisme dan sepengetahuan kami, kami adalah orang pertama yang melaporkan bahwa suplementasi minyak goreng dalam jangka panjang meningkatkan degenerasi saraf,” kata para ilmuwan dari University of Chicago.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

وَكَذَٰلِكَ أَعْثَرْنَا عَلَيْهِمْ لِيَعْلَمُوا أَنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ وَأَنَّ السَّاعَةَ لَا رَيْبَ فِيهَا إِذْ يَتَنَازَعُونَ بَيْنَهُمْ أَمْرَهُمْ ۖ فَقَالُوا ابْنُوا عَلَيْهِم بُنْيَانًا ۖ رَّبُّهُمْ أَعْلَمُ بِهِمْ ۚ قَالَ الَّذِينَ غَلَبُوا عَلَىٰ أَمْرِهِمْ لَنَتَّخِذَنَّ عَلَيْهِم مَّسْجِدًا الكهف [21] Listen
And similarly, We caused them to be found that they [who found them] would know that the promise of Allah is truth and that of the Hour there is no doubt. [That was] when they disputed among themselves about their affair and [then] said, "Construct over them a structure. Their Lord is most knowing about them." Said those who prevailed in the matter, "We will surely take [for ourselves] over them a masjid." Al-Kahf ( The Cave ) [21] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi