Kamis, 23/05/2024 - 00:44 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

OTOMOTIF
OTOMOTIF

Mornine: Robot AI dengan Desain Biomimetik untuk Revolusi Layanan Konsumen Otomotif

 JAKARTA — Chery, merek otomotif global asal China, saat ini tengah membangun ekosistem layanan konsumen terbaru dengan memanfaatkan robot cerdas. Pada konferensi dealer global yang akan berlangsung pada 30 April mendatang, Chery akan memperkenalkan Mornine, sebuah robot bipedal berteknologi AI, hasil kolaborasinya bersama perusahaan teknologi AiMOGA.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Kolaborasi Chery dan AiMOGA merupakan komitmen kedua belah pihak untuk mendorong inovasi dan meningkatkan kualitas hidup melalui teknologi robotika. “Mornine adalah langkah awal yang signifikan dalam perjalanan inovasi ini dan diharapkan dapat membuka jalan bagi aplikasi robot yang lebih luas di masa depan,” kata Head of Brand Department, PT Chery Sales Indonesia Rifkie Setiawan.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Mornine yang bergerak dengan motor listrik dan baterai dirancang dengan pendekatan inovasi biomimetik. Robot pintar ini dapat menjawab tantangan keseharian manusia dengan meniru pola dan strategi alam. Rancangan ini menjadikan Mornine tampil lebih realistis dengan wajah silikon mirip manusia dan kemampuan mensimulasikan gerakan otot mulut dan wajah. Mornine mampu berjalan dalam kecepatan 4 kilometer per jam yang juga menjadi contoh luar biasa dalam kemajuan teknologi robotika.

Kecanggihan Mornine juga dihadirkan dari integrasi Large Language Models (LLMs) untuk kemampuan memahami dan menghasilkan bahasa. Dengan ini, Mornine mampu menafsirkan perintah verbal atau tertulis, dan menjawab pertanyaan profesional di bidang otomotif.

Berita Lainnya:
Mobil Mungil Hatchback Ini Masih Jadi Backbone Penjualan Honda, Diikuti HR-V dan WR-V

Selain itu, Mornine membuka peluang baru untuk membangun ekosistem layanan pelanggan yang inovatif. Berikut adalah beberapa skenario aplikasinya:

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Penyedia Informasi dan Penasihat Produk: Mornine dapat menjawab pertanyaan konsumen tentang produk, memberikan rekomendasi, dan meningkatkan efisiensi layanan pada pusat penjualan dan ruang pamer otomotif.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Asisten Belanja: Mornine dapat menavigasi dan memandu konsumen menuju lokasi produk, mendemonstrasikan produk, dan membantu dalam tugas penanganan produk.

Asisten Rumah Tangga: Mornine dapat menangani pertanyaan rutin, memberikan pengingat, membantu dalam manajemen kesehatan, mendukung perawatan orang tua dan pendidikan anak-anak, dan melakukan pekerjaan rumah tangga.

ADVERTISEMENTS

Membuka Era Baru Robotik Bipedal

ADVERTISEMENTS

Mornine hadir dengan desain yang lebih scalable dan hemat biaya, sehingga ideal untuk produksi dan komersialisasi massal. Kecanggihan Mornine menjadi angin segar dari teknologi pendahulunya, seperti robot bipedal ikonik Atlas dari Boston Dynamics atau Atlas, yang menonjol dalam mobilitas dan keseimbangannya namun masih menggunakan sistem hidrolik.

Robot yang akan segera dirilis ini bukanlah penampilan pertama Mornine. Awal tahun ini, OMODA telah merilis serangkaian film pendek fiksi ilmiah, dengan Mornine sebagai salah satu bintangnya. Film-film ini disajikan dengan efek kelas Hollywood dengan menampilkan O-UNIVERSE OMODA, yakni, sebuah ekologi masa depan yang dipersonalisasi dengan menghubungkan kehidupan nyata dan dunia virtual, sehingga memberikan konsumen sebuah pengalaman yang melampaui sekadar mobil.

Berita Lainnya:
BYD Tunda Rencana Pembangunan Pabrik Bahan Baku Baterai Mobil Listrik di Chili

Kali ini, OMODA membawa Mornine dari dunia film fiksi ilmiah menjadi kenyataan. Ini, membuat fantasi gaya hidup futuristik menjadi lebih nyata. Pada konferensi pers yang digelar di kantor pusat OMODA & JAECOO di Wuhu, China, Mornine juga akan berinteraksi langsung dengan para tamu yang hadir. Melalui interaksi yang didorong oleh AI dan pengalaman mendalam, para peserta akan dapat sepenuhnya mengapresiasi daya tarik cerdas dari spesies baru masa depan ini.

Peluncuran Mornine oleh OMODA & JAECOO memberi kita gambaran sekilas tentang landasan kehidupan masa depan. Ekosistem O-UNIVERSE yang diciptakan oleh OMODA telah mengubah kendaraan dari sekadar moda transportasi menjadi medium penting yang menghubungkan seluruh aspek kehidupan pengguna. Seiring dengan penyempurnaan ekosistem ini, OMODA & JAECOO siap memberikan layanan yang lebih unggul dan personal, memimpin industri otomotif menuju masa depan multi-skenario dan multi-domain.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi