Kamis, 30/05/2024 - 11:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Hewan Peliharaan Bisa Tularkan Bakteri Kebal Antibiotik, Lakukan Ini Kalau Kucing Sakit

Kucing peliharaan. Ketika binatang peliharaan sakit, pisahkan di ruangan lain agar bakteri penyebab penyakitnya tidak menyebar.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

JAKARTA — Para peneliti Portugal menemukan hewan peliharaan dapat menularkan bakteri yang kebal antibiotik kepada pemiliknya. Temuan itu dipresentasikan di Kongres Global European Society of Clinical Microbiology and Infectious Diseases (ESCMID).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

“Ketika binatang peliharaan Anda sakit, isolasi di ruang terpisah untuk menjaga agar bakteri penyebab penyakitnya tidak menyebar ke seantero rumah,” kata peneliti utama Juliana Menezes dari University of Lisbon.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Menezes juga mengingatkan agar masyarakat membersihkan rumah dengan saksama ketika binatang peliharaannya sakit. Ia menyebut temuan timnya pentingnya memasukkan keluarga yang memiliki hewan peliharaan dalam program nasional yang memantau tingkat resistensi antibiotik.

Untuk sampai pada kesimpulan tersebut, peneliti menguji sampel feses dan urine serta usapan kulit dari anjing dan kucing serta para pemiliknya. Dilansir The Sun, Senin (22/4/2024), mereka mencari Enterobacterales yang resisten terhadap antibiotik umum. Enterobacterales adalah keluarga besar bakteri yang mencakup E.coli dan Klebsiella pneumoniae.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak
Berita Lainnya:
Tiga Kombinasi Suplemen yang tidak Boleh Diminum Bersamaan

Para peneliti mengamati lima kucing, 38 anjing, dan 78 manusia dari 43 rumah tangga di Portugal dan 22 anjing dan 56 manusia dari 22 rumah tangga di Inggris Raya (UK). Semua manusia dinyatakan sehat, sementara hewan peliharaan terpantau mengalami infeksi kulit dan jaringan lunak atau infeksi saluran kemih.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Tiga kucing dan 21 anjing serta 28 pemilik binatang peliharaan itu memiliki Enterobacterales yang resisten terhadap sefalosporin generasi ketiga.  Di lima rumah tangga, satu rumah dengan seekor kucing dan empat rumah dengan anjing, baik peliharaan maupun pemiliknya membawa bakteri yang resisten.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Durasi Ideal Cuci Muka Menurut Dokter, tak Cukup 15 Detik

Analisis genetik mengungkap adanya infeksi bakteri dari strain yang sama. Ini menunjukkan bahwa bakteri tersebut ditularkan dari hewan peliharaan ke pemiliknya atau sebaliknya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
ADVERTISEMENTS

Di salah satu dari lima rumah tangga ini, seekor anjing dan pemiliknya juga memiliki strain Klebsiella pneumoniae yang kebal antibiotik yang sama. Menezes menyebut, tidak mungkin membuktikan arah penularannya.

ADVERTISEMENTS

Meski begitu, lanjut Menezes, garis waktu dari hasil tes yang positif sangat menunjukkan bahwa bakteri tersebut berpindah dari hewan peliharaan ke manusia dalam beberapa kasus. Menurutnya, mempelajari lebih lanjut tentang resistensi antibiotik pada hewan peliharaan akan membantu pengembangan intervensi yang terinformasi dan tepat sasaran untuk menjaga kesehatan hewan dan manusia.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi