Kamis, 23/05/2024 - 02:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Rektor UMJ Sebut Moralitas Jadi Nilai Penting dalam Demokrasi

Rektor UMJ Prof Dr Ma’mun Murod menjadi penceramah dalam kegiatan Pengajian dan Silaturahmi yang digelar oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Garut di Gedung Pendopo Garut, Ahad (21/4/2024).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 JAKARTA — Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Prof Dr Ma’mun Murod menilai bahwa moral menjadi nilai penting yang diperlukan dalam demokrasi. Moral menjadi batasan manusia dalam melakukan proses politik untuk tidak melanggar nilai-nilai demokrasi, salah satunya konstitusi.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Manusia itu harus memiliki standar moral dan itu merupakan standar yang paling rendah dimana dalam berpolitik itu harus sesuai moral, artinya bahwa dalam proses politik tidak boleh melawan konstitusi yang ada,” ungkap Ma’mun, saat menjadi penceramah dalam kegiatan Pengajian dan Silaturahmi yang digelar oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Garut di Gedung Pendopo Garut, Ahad (21/4/2024).

Berita Lainnya:
Orasi Civitas Academica UMJ di Aksi Bela Palestina

Guru Besar Ilmu Politik ini menyoroti kualitas demokrasi yang menurun. Menurutnya, praktek demokrasi sejak era reformasi hingga kini tidak kunjung membaik. Ia melihat banyaknya pelanggaran moral dalam proses politik berkaitan dengan konstitusi.

Ma’mun menjelaskan bahwa konstitusi merupakan bagian dari standar moral yang harus diperhatikan dalam menjalani proses politik. Ia menyebutkan bahwa banyak Negara yang hancur karena tidak menaati aturan sebagai standar moral.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Ingin Sukses Digitalpreneur, Bekali Diri di Prodi Digital Entrepreneur Cyber Universty

c1c11f kesempatan yang sama, c1cc1 PDM Garut Dr Agus R Nugraha mengatakan bahwa Pengajian dan Silaturahmie1,sc merupakan kegiatan rutinan yang diselenggarakan oleh PDM Garut. Ia juga mengungkapkan rasa senangnya melihat kehadiran seluruh cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Kita harus membangun harmoni serta memupuk kebersamaan, sebab itulah yang akan mengikat kita sebagai anggota Muhammadiyah,” jelasnya.

 

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS

 

 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi