Senin, 06/05/2024 - 16:09 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Jamaah Haji Ingin Meninggal di Tanah Suci, Benarkah Jadi Tanda Husnul Khatimah?

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Banyak jamaah haji Indonesia yang ingin meninggal dunia di Tanah Suci, baik itu Makkah maupun Madinah, Arab Saudi. Ini berdasarkan hasil riset Kementerian Kesehatan RI pada 2022 lalu yang menyebut sebanyak 9,3 persen jamaah haji ingin meninggal di Arab Saudi.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Lantas benarkah meninggal di Tanah Suci itu merupakan tanda seorang Muslim meninggal secara husnul khatimah? Mufti Mesir, Dr Syauqi Alam, menjelsakan pandangan syariah tentang persoalan ini.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Mufti Syauqi Alam memaparkan, para ulama telah menyebutkan bahwa meninggal di tempat-tempat suci seperti Makkah dan Madinah, dan tempat-tempat lainnya, merupakan salah satu tanda husnul khatimah.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Karena itu, para fuqaha menekankan keutamaan untuk dimakamkan di pemakaman orang-orang shaleh dan tempat-tempat yang mulia. Imam Nawawi dalam kitab ‘Al-Majmu’ menyampaikan dibolehkannya mengharapkan kematian di wilayah yang baik,” tuturnya.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Dr Syauqi Alam kemudian mengutip sebuah riwayat hadits yang menjadi landasan dibolehkannya mengharapkan wafat di Tanah Suci. Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma, Nabi Muhammad SAW bersabda:

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Tiga Keutamaan Membangun Masjid

«مَنِ اسْتَطَاعَ أَنْ يَمُوتَ بِالْمَدِينَةِ فَلْيَمُتْ بِهَا، فَإِنِّي أَشْفَعُ لِمَنْ يَمُوتُ بِهَا»

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Siapa yang mampu meninggal dunia di Madinah, maka hendaklah ia meninggal di sana. Karena sungguh aku akan memberikan syafaat bagi siapa saja yang meninggal di sana.” (HR. Ahmad dalam “Al-Musnad”, At-Tirmidzi dalam “As-Sunan”, Ibnu Abi Syaibah dalam “Al-Mushannaf”, Ath-Thabarani dalam “Al-Mu’jam Al-Kabir”, dan Al-Baihaqi dalam “Syu’ab Al-Iman”)

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Mufti Syauqi juga mengutip perkataan Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu’. Dikatakan sebagai berikut:

 [قال الشافعيُّ في “الأم” والقديمِ وجميعُ الأصحاب: يستحب الدفن في أفضل مقبرة في البلد؛ لما ذكره المصنف، ولأنه أقرب إلى الرحمة، قالوا: ومن ذلك المقابر المذكورة بالخير ودفن الصالحين فيها] اهـ.

“Al-Imam Asy-Syafi’i dalam kitab “Al-Umm” dan “Al-Qodim” serta semua sahabat mengatakan, ‘Dibolehkan (bagi seorang Muslim) untuk dimakamkan di pemakaman terbaik di wilayah sebagaimana disebutkan Al Mushannaf, karena hal ini lebih dekat pada rahmat’. Mereka mengatakan, ‘Di antara pemakaman yang dimaksud adalah yang penuh kebaikan dan tempat dimakamkannya orang-orang shaleh’.”

Berita Lainnya:
Hal-Hal yang Dilarang Saat Melaksanakan Haji Beserta Dalilnya

Adapun dalam “Syarah Shahih Muslim” juga dipaparkan sebagai berikut:

 [في هذا استحباب الدفن في المواضع الفاضلة، والمواطن المباركة، والقرب من مدافن الصالحين] اهـ.

“Dalam hal ini, dibolehkan untuk dimakamkan di tempat-tempat yang mulia, tempat-tempat yang diberkahi, dan dekat dengan makam orang-orang shaleh.”

Demikian pula, Imam Abu Al-Saadat Al-Buhuti dalam “Kasyaf Al-Qina” menjelaskan:

 [يستحب أيضًا الدفن في (ما كثر فيه الصالحون) لتناله بركتهم، ولذلك التمس عمر الدفن عند صاحبيه، وسأل عائشة حتى أذنت له] اهـ.

“Dibolehkan (bagi seorang Muslim) dimakamkan di tempat yang banyak orang-orang shalehnya, untuk mendapatkan keberkahan mereka. Karena itu, Umar bin Khattab mencari tempat pemakaman di dekat kedua sahabatnya, dan Umar bin Khattab meminta Aisyah agar diizinkan untuk dimakamkan di sana.”

Sumber:

https://www.masrawy.com/islameyat/others-islamic_ppl_news/details/2024/1/3/2519106/%D9%87%D9%84-%D8%A7%D9%84%D8%AF%D9%81%D9%86-%D9%81%D9%8A-%D8%A7%D9%84%D8%A3%D9%85%D8%A7%D9%83%D9%86-%D8%A7%D9%84%D9%85%D9%82%D8%AF%D8%B3%D8%A9-%D9%85%D9%86-%D8%B9%D9%84%D8%A7%D9%85%D8%A7%D8%AA-%D8%AD%D8%B3%D9%86-%D8%A7%D9%84%D8%AE%D8%A7%D8%AA%D9%85%D8%A9-%D8%A7%D9%84%D9%85%D9%81%D8%AA%D9%8A-%D9%8A%D8%AC%D9%8A%D8%A8#TagSearch

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi