Minggu, 19/05/2024 - 06:32 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Transportasi Cerdas Wujudkan Transformasi Mobilitas Perkotaan di IKN

 JAKARTA — Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Silvia Halim menyebut bahwa transportasi cerdas akan mewujudkan transformasi mobilitas perkotaan di Ibu Kota Nusantara (IKN)

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Sekarang, apa yang kami harapkan di Ibu Kota baru adalah transformasi, dan ini termasuk transformasi dalam mobilitas perkotaan dan bagaimana kami ingin mencapainya. Salah satunya tentu melalui sistem transportasi cerdas,” ujar Silvia dalam seminar daring, Rabu (24/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Silvia mengatakan dalam konteks mobilitas di IKN, terdapat empat key performance indicator (KPI) utama yang menjadi fokus utama.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Empat KPI tersebut, yakni mencapai mobilitas transportasi publik sebesar 80 persen, pengembangan konsep kota 10 menit, koneksi kurang dari 15 menit antara IKN dengan bandara strategis, dan target emisi nol bersih untuk kota pada tahun 2045.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Adapun strategi yang diterapkan untuk mencapai target-target tersebut, kata dia, mencakup tiga aspek utama. Pertama, pengembangan jaringan transportasi publik yang terintegrasi serta jaringan jalan dan aksesibilitas bagi ibu kota baru.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Jelang World Water Forum, Pertamina Patra Niaga Pastikan Pasokan Energi di Bali Aman

Silvia menekankan pentingnya infrastruktur yang memadai untuk mendukung mobilitas penduduk, termasuk prioritas terhadap mobilitas aktif seperti berjalan kaki dan bersepeda.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Kedua, sistem transportasi cerdas akan diterapkan sehingga IKN memiliki sistem transportasi yang lebih efisien dan aman. Ketiga, penggunaan teknologi terkini seperti sistem manajemen lalu lintas lanjutan dan penggunaan kendaraan bahan bakar non fosil atau transportasi publik listrik.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Silvia mengatakan, untuk mencapai transformasi mobilitas perkotaan di IKN melalui transportasi cerdas, penerapan teknologi Intelligent Transport System (ITS) menjadi sangat diperlukan.

ADVERTISEMENTS

“Apa yang kami harapkan melalui implementasi sistem ITS di ibu kota baru adalah pertama, kami akan dapat mengumpulkan data secara real-time sehingga kami dapat memberikan pengalaman penumpang yang lebih baik, memberikan prioritas kepada Mobilitas Aktif dan transportasi publik,” kata dia.

ADVERTISEMENTS

Silvia menilai pengumpulan data secara real-time akan mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik dalam mengelola mobilitas perkotaan. Selain itu, pemanfaatan big data atau data besar akan memungkinkan pihaknya membuat keputusan yang lebih cerdas dan memastikan keamanan transportasi di IKN.

Berita Lainnya:
Arsitek Bagikan Cara Meningkatkan Ketahanan Rumah di Daerah Tropis

“Sistem ITS ini yang kami rencanakan terdiri dari delapan sistem seperti sistem manajemen lalu lintas lanjutan, sistem mengemudi otonom, sistem parkir lanjutan, dan lain-lain,” ucap dia.

Prioritas penerapan sistem ini akan difokuskan pada tahun 2024, pada awal operasional IKN. Silvia menambahkan bahwa pengembangan IKN tidak akan berdiri sendiri, melainkan akan menjadi bagian dari Super Hub dengan kota-kota terdekat seperti Samarinda dan Balikpapan.

Dia menekankan pentingnya konektivitas antar kota untuk memastikan pertumbuhan ekonomi yang merata di seluruh wilayah. “Jadi kami mengundang Anda semua untuk berpartisipasi dalam pengembangan ibu kota baru ini,” pungkas dia.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi