Kamis, 30/05/2024 - 14:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIENERGI

SKK Migas Siapkan Langkah Strategis Optimalkan Produksi Migas Nasional

 JAKARTA — SKK Migas menyiapkan sejumlah langkah strategis dalam mengoptimalkan produksi migas nasional guna mencapai target jangka pendek, sekaligus menjadi pondasi untuk mendukung pencapaian target jangka panjang.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Kepala Divisi Program dan Komunikasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dalam keterangannya di Jakarta, Kamis mengatakan SKK Migas bersama kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) terus meningkatkan kegiatan workover, well service, juga pemboran sumur pengembangan.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Hudi menyampaikan bahwa kegiatan tersebut terus meningkat dalam jumlah yang signifikan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

“Untuk kegiatan workover jika tahun 2021 terdapat 566 sumur, maka di tahun 2023 meningkat menjadi 834 sumur. Begitu pula kegiatan well service yang di tahun 2021 sebanyak 22.790 kegiatan, maka di tahun 2023 mencapai 33.412,” kata Hudi.

Adapun, untuk 2024, kegiatan workover ditargetkan 905 sumur dan well service 35.690 kegiatan.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Lebih lanjut, ia menjelaskan upaya untuk menjaga produksi tetap optimal dilakukan pula dengan meningkatkan pemboran sumur pengembangan. Jika di 2021 realisasi pemboran sumur pengembangan sebanyak 480 sumur, maka pada 2023 meningkat menjadi 799 sumur.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan
Berita Lainnya:
Iriana Beli Batik dan Gelang UMKM Binaan Pertamina di Dekranas Expo  

Capaian tersebut menunjukkan bahwa SKK migas dan KKKS melakukan kegiatan yang masif dan agresif serta bekerja keras untuk menjaga produktivitas lapangan migas.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Kerja keras SKK Migas dan KKKS terlihat dari tren produksi minyak dan gas yang mulai membaik, yang ditandai dengan decline rate yang bisa yang di tahun 2023 hanya 1,1 persen dibandingkan laju decline rate dari tahun 2016 hingga 2022 yang rata-rata sekitar 5 persen. Bahkan untuk gas, di tahun 2023 sudah terjadi incline rate sebesar 2,1 persen,” ujar Hudi.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
ADVERTISEMENTS

Ia mengungkapkan realisasi produksi minyak pada April 2024 juga sudah menunjukkan tren peningkatan di angka 581 ribu barel.

ADVERTISEMENTS

“Kami mengharapkan dukungan para pemangku kepentingan yang terkait agar seluruh program seperti reaktivasi sumur, pemboran, well service, dan lainnya bisa dilaksanakan semuanya sehingga tren produksi yang naik lagi bisa dipertahankan sehingga di akhir tahun ini produksi minyak lebih tinggi lagi dari saat ini,” ujar dia.

Untuk mendorong tambahan produksi migas, SKK Migas saat ini juga sedang mengakselerasi penyelesaian proyek-proyek hulu migas yang di 2024 ditargetkan dapat diselesaikan 15 proyek hulu migas yang akan memberikan tambahan produksi minyak sebesar 46.837 barel minyak per hari (BOPD) dan tambahan produksi gas sebesar 351 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) dan 192 MT/D elpiji.

Berita Lainnya:
Pj Gubernur: Temuan Baru Mubadala Beri Manfaat Ekonomi Bagi Aceh

“Kami optimis dengan investasi yang terus meningkat sejak 2021 hingga saat ini serta semakin masifnya berbagai program serta keberhasilan menjaga fasilitas produksi beroperasi secara optimal serta selesainya proyek-proyek hulu migas, maka upaya mendorong peningkatan produksi minyak dan gas dapat terwujud,” katanya.

Sedangkan dalam mendukung keberlanjutan industri hulu migas dalam jangka panjang, Hudi melaporkan bahwa SKK Migas sedang mendorong akselerasi dari setiap penemuan agar dapat segera diproduksikan, termasuk giant discovery di North Ganal dan Layaran-1.

“Ini adalah upaya kami yang tidak hanya mengejar target jangka pendek, tetapi juga memastikan kontribusi industri hulu migas dalam jangka panjang untuk mendukung ketahanan energi dan pembangunan nasional,” ucap Hudi.

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi