Rabu, 15/05/2024 - 16:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kompolnas Soroti Perbedaan Keterangan Pihak Korban dan Polda Sulut

JAKARTA — Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) turut mengawasi pengusutan kasus kematian anggota Satlantas Polresta Manado, Brigadir RAT yang diduga bunuh diri di dalam mobil mewah di sebuah rumah milik bos batu bara di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan (Jaksel) pada pekan lalu.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Kompolnas ikut menyoroti adanya perbedaan keterangan antara pihak keluarga dan Polda Sulawesi Utara (Sulut) terkait tugas Brigadir RAT sebelum ditemukan meninggal. Hal itu perlu diklarifikasi agar tidak ada yang ditutup-tutupi dalam kasus tewasnya polisi aktif di rumah warga pengusaha.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Baca: Siswa Polwan Penghafal Alquran Diuji Ustadz Adi Hidayat

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

“Permintaan klarifikasi terutama terkait tugas almarhum, yang sementara ini terlihat ada ketidaksamaan antara menurut pihak keluarga dan Polda,” ujar anggota Kompolnas Yusuf Warsyim kepada Republika.co.id di Jakarta, Senin (29/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Kehadiran Brigadir RAT di Jakarta juga masih menjadi antara dalam rangka penugasan atau sedang izin cuti. Menurut Kapolres Metro Jaksel, Kombes Ade Rahmat Idnal, korban datang ke Jakarta dalam status izin cuti untuk mengunjungi kerabat.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Biduan Cantik yang Diduga Nikmati Uang Kementan Datangi KPK, Diperiksa soal Kasus SYL

Sedangkan keterangan dari istri Brigadir RAT berinisial N, suaminya datang ke Jakarta menjadi ajudan seorang perwira polisi wanita. “Kompolnas sendiri dalam melakukan pengawasan pengusutannya, tentu tetap menghormati kewenagan pihak Polri, terutama Polda Sulut,” kata Yusuf.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Baca: Dua Taruna Akmil Ikut Pendidikan Militer di Australia

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Karena itu, Kompolnas mendorong Polda Sulut, khususnya Bidang Propam dan Ditreskrimum untuk mengusut tuntas kematian Brigadir RAT. Pengusutan harus dilakukan secara profesional, transparan, dan akuntabel.

ADVERTISEMENTS

Yusuf menyinggung, dugaan tindakan bunuh diri yang dilakukan oleh korban harus bisa dipastikan benar terjadi atau rekayasi. Pihaknya juga bakal meminta klarifikasi kepada pihak keluarga terkait tugas almarhum, yang disebut mengawal pengusaha.

ADVERTISEMENTS

“Untuk sementara kita sepatutnya belum bisa menyimpulkan secara pasti apakah diduga bunuh diri atau tidak. Mari kita sepenuhnya memberikan kepercayaan kepada pihak Polda Sulut bekrja seefektif mungkin secra profesional, transparan, dan akuntabel,” terang Yusuf.

Berita Lainnya:
Polisi Tangkap 2 Orang Pembuat Tembakau Gorila Rumahan di Serang

Baca: Fincantieri Ungkap Nilai Kontrak Pembelian Dua FREMM Rp 20,53 Triliun

Sebelumnya, Kombes Ade Rahmat Idnal menduga motif Brigadir RAT melakukan aksi bunuh diri karena permasalahan pribadi. Namun untuk mendalaminya, penyidik perlu mengkaji isi ponsel milik anggota Satlantas Polresta Manado tersebut. Termasuk, meminta keterangan dari istri dan pihak keluarga korban.

“Untuk motif, dia bunuh diri (karena) masalah pribadi. Itu masih kita dalami kepada istri, kerabat, dan keluarga. Kita akan buka nanti isi handphone yang bersangkutan,” ungkap Ade.

Tewas bunuh diri…

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi