Jumat, 17/05/2024 - 08:25 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Kepala BMKG Ungkap Ada Retakan di Lereng Pascagempa di Garut

Gempa bumi di Garut. Gempa berkekuatan 6,5 SR mengguncang Garut, dan goncangannya terasa dari Jabodetabek hingga Bandung.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 JAKARTA–Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengungkapkan ada retakan-retakan lereng di Desa Sukawangi, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, yang muncul pasca-gempa bumi mengguncang perairan selatan Jawa Barat pada 27 April 2024.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Ada gejala lereng lengkung curam yang merupakan tanda-tanda di masa lalu pernah terjadi longsor atau runtuhan batuan bisa diakibatkan gempa bumi maupun hujan, atau gempa yang disusul dengan hujan,” ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Selasa (30/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Pada 29 April 2024 Dwikorita meninjau desa terdampak gempa bumi berkekuatan 6,2 magnitudo di Kabupaten Garut. Desa Sukawangi yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut mengalami retakan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Terdampak Erupsi Gunung Ruang, Bandara Djalaluddin Gorontalo Ditutup Sementara

BMKG bergerak cepat melacak kemungkinan adanya gejala baru yang mengindikasikan potensi longsor. Meskipun saat ini belum ditemukan tanda-tanda baru, kata dia, namun potensi retakan yang masih bergerak memperlihatkan situasi belum sepenuhnya aman.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Langkah-langkah mitigasi yang tepat perlu diambil,” kata Dwikorita.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Lebih lanjut dia menekankan pentingnya kewaspadaan bagi masyarakat, terutama saat terjadi hujan. Warga yang tinggal di dekat lereng diminta untuk mengungsi sementara saat hujan deras terjadi untuk menghindari potensi bahaya longsor.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Berbagai upaya itu dilakukan untuk memastikan keselamatan warga dan mencegah terjadinya korban jiwa atau kerugian material.

ADVERTISEMENTS

“Kami sampaikan juga ke camat dan BPBD, kalau hujannya sedang hingga lebat dimohon untuk warga yang tinggal di dekat lereng untuk menyingkir sementara atau mengungsi. Setelah hujan reda dan diperiksa tidak ada gejala longsor, maka bisa kembali lagi,” kata Dwikorita.

ADVERTISEMENTS

Dia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan menghindari bangunan yang sudah mengalami kerusakan. Informasi hasil pengecekan dan rekomendasi mitigasi telah disampaikan kepada pihak terkait seperti camat, lurah, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut.

Berita Lainnya:
BMKG Manfaatkan Seluruh Teknologi untuk Mitigasi Tsunami Erupsi Gunung Ruang

Selanjutnya BMKG akan melakukan langkah lanjutan sesuai dengan arahan dan koordinasi dengan pihak terkait guna memastikan keselamatan dan kesiapan dalam menghadapi potensi bencana pasca gempa di wilayah tersebut.

“Semua pihak diharapkan untuk tetap waspada dan mengikuti petunjuk yang telah diberikan untuk mengurangi risiko terhadap potensi bencana,” ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi