Minggu, 19/05/2024 - 05:05 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Cuaca Panas Mulai Terjadi di Kota Bandung, BMKG Prediksi Tembus 33 Derajat Celcius

Petugas melakukan penghitungan cahaya matahari menggunakan alat Campbell stock di halaman Kantor BMKG Bandung, Bandung, Jawa Barat. BMKG sebut cuaca panas terjadi satu pekan terakhir di Kota Bandung

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 BANDUNG — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mengungkapkan cuaca panas terjadi satu pekan terakhir di Kota Bandung dan di wilayah Jawa Barat. Penyebabnya, posisi matahari berada tidak jauh dari ekuator yang sekarang berada di belahan bumi utara dan menyebabkan wilayah di ekuator mendapatkan penyinaran matahari maksimum.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Ini menyebabkan suhu udara yang terdapat di wilayah Indonesia termasuk Jawa Barat terasa lebih panas dari pada biasanya,” ucap Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu, Kamis (2/5/2024).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Ia menyebut pada tanggal 26 April suhu udara mencapai 29.6 derajat celcius, pada tanggal 27 April suhu udara 29.4 derajat celcius, suhu udara pada 28 April 30.4 derajat celcius. Suhu udara pada 29 April 30.2 derajat celcius, suhu udara pada 30 April 30.6 derajat celcius, dan 1 Mei suhu udara 30.0 derajat celcius.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Apa Itu Fenomena Heat Stroke, Cuaca Panas Ekstrem yang Sebabkan Kematian di Thailand?

Teguh mengatakan analisis suhu maksimum di Bandung pada siang hari pada pukul 12.00 WIB hingga 15.00 WIB antara 29.0 derajat celcius hingga 31.0 derajat celcius. Penyebabnya penyinaran matahari maksimum, dan pertumbuhan awan-awan konvektif.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Suhu udara masih dalam kategori normal untuk Kota Bandung. Suhu maksimum tertinggi di Bandung yang pernah terjadi 35,8 derajat celcius pada tanggal 8 Oktober 2023,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Ia melanjutkan prediksi suhu tertinggi di Jawa Barat berkisar antara 35 – 37 derajat celcius. Sedangkan prediksi suhu tertinggi di Kota Bandung berkisar antara 30 – 33 derajat celcius.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Plafon Gedung Kwarcab Pramuka Tasikmalaya Roboh Terdampak Gempa Garut

“Prediksi suhu tertinggi di Kota Bandung berkisar antara 30 sampai 33 derajat celcius,” kata dia.

ADVERTISEMENTS

Teguh menambahkan fenomena udara panas yang terjadi di Indonesia disebabkan karena fenomena gerak semu matahari, siklus yang biasa dan terjadi setiap tahun. Potensi suhu udara panas seperti ini juga dapat berulang pada periode yang sama setiap tahunnya.

ADVERTISEMENTS

Selain itu, bulan Mei merupakan periode peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau di sebagian besar wilayah di Indonesia. Masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi dini terhadap potensi cuaca ekstrem.

“Salah satu ciri masa peralihan musim adalah pola hujan yang biasa terjadi pada sore hingga menjelang malam hari dengan didahului oleh adanya udara hangat dan terik pada pagi hingga siang hari,” kata dia.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi