Minggu, 16/06/2024 - 00:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Kementan Ajak ICMI Atasi Masalah Pertanian Saat Gejolak Global-El Nino

 JAKARTA — Kementerian Pertanian (Kementan) mengajak Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) untuk bersinergi dalam mengatasi masalah pertanian guna mewujudkan ketahanan pangan Indonesia di tengah gejolak geopolitik global dan perubahan iklim dampak fenomena El Nino.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Kementerian Pertanian perlu dukungan dari berbagai pihak termasuk dari ICMI, sangatlah penting sebagai organisasi cendekiawan Muslim di Indonesia, ICMI memiliki kemampuan dan peran strategis dalam merumuskan ide-ide cerdas untuk mengelola sumber daya pertanian,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal Kementan Prihasto Setyanto dalam kegiatan Halal Bihalal ICMI bersama jajaran Kementan dipantau secara daring di Jakarta, Rabu (1/5/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Prihasto menyampaikan bahwa situasi pangan global saat ini tidak menggembirakan. Tantangan yang dihadapi dalam penyediaan pangan semakin kompleks akibat dampak fenomena El Nino dan gejolak geopolitik terutama konflik Rusia-Ukraina dan timur tengah.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

“Hal ini berdampak pada suplai bahan baku pupuk dan menyebabkan penurunan produksi dan terganggunya distribusi pangan. Berbagai konflik yang terjadi berdampak lanjutan melambungnya harga komoditas pangan yang mengakibatkan tingginya inflasi dan krisis pangan dunia,” ujar Prihasto.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Dia menyebutkan saat ini masih ada negara-negara yang mengalami ancaman kelaparan serius dan Indonesia dapat pula terancam krisis pangan apabila tidak mewaspadai. Bagi Prihasto, kondisi ini menjadi peringatan bagi ketahanan pangan nasional, arena hal tersebut merupakan hal yang vital bagi ketahanan negara.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Kemungkinan Dapat Rejeki Nomplok Rp 13 Triliun, Ternyata Begini Kinerja Bank Mega Syariah

Lebih lanjut Prihasto menuturkan bahwa jajaran Kementerian Pertanian telah terjun langsung ke lapangan untuk mengoptimalkan musim tanam yang ada dengan curah hujan yang masih cukup agar perluasan areal tanam padi April dan Mei bisa mencukupi kebutuhan di bulan Agustus hingga Oktober 2024.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Ia mengatakan jika melihat produksi beras tahun 2023 mengalami penurunan serta impor beras yang meningkat maka penting untuk bertindak cepat. Penurunan luas tanam padi menjadi perhatian serius bagi Kementan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Kementerian Pertanian mengidentifikasi beberapa penyebab yakni tidak optimalnya produksi padi nasional termasuk di dalamnya akibat volume pupuk bersubsidi yang berkurang, kurangnya akses petani terhadap pupuk bersubsidi, berkurangnya penggunaan bibit unggul serta dampak perubahan iklim seperti El Nino.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Menurut Prihasto, tokoh-tokoh ICMI di pentas nasional dikenal banyak yang memiliki kepedulian dan kemampuan mumpuni untuk aktif berpartisipasi dalam pembangunan pertanian di Indonesia.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Oleh karena itu, dia berharap silaturahim dan kolaborasi akan meningkatkan sinergi antara Kementerian Pertanian dan ICMI untuk mencapai kedaulatan pangan dan mensejahterakan petani Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Dengan kolaborasi dan sinergi yang terus menerus, saya yakin kita dapat mengembalikan kejayaan pertanian Indonesia sebagai negara yang berdaulat dan berswasembada pangan. Bersama kita menghadapi tantangan kenaikan harga dan ketersediaan pangan pokok,” kata Prihasto.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard
Berita Lainnya:
Indonesia Optimistis Rebut 1 Persen Pangsa Pasar Furnitur Dunia

Ketua Umum ICMI Arif Satria mengaku pihaknya siap berkolaborasi dengan Kementerian Pertanian demi mewujudkan ketahanan pangan Indonesia khususnya di tengah perubahan iklim dampak fenomena El Nino.

“Berkaitan dengan perubahan iklim, tantangan yang sangat besar buat kita adalah semua komponen bangsa saatnya bersilaturahmi dan berkolaborasi karena pangan itu hidup mati sebuah bangsa, dan kita pun dituntut untuk bisa kreatif menyediakan pangan ini,” ujar Arif yang juga Rektor Institut Pertanian Bogor.

Dia menyebutkan bahwa dua hal dalam mengatasi ketersediaan pangan pertama peningkatan produksi dengan menggunakan teknologi dan kedua mengurangi food loss dan food waste.

Ia juga mengaku bahwa pihaknya telah menciptakan varietas bibit unggul padi IPB 9G yang bersifat amfibi, dimana varietas tersebut dapat ditanam di lahan basah maupun kering.

“Kemudian bisa menghemat 20 persen pupuk. Berarti bisa menghemat Rp10 triliun subsidi pupuk jika varietas ini diterapkan di seluruh Indonesia. Ini adalah bentuk dari sikap kita dalam bentuk inovatif yang memulai dengan karya karya baru, produksi kita juga harus punya mentalitas dengan inovasi,” kata Arif.

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

وَدَخَلَ جَنَّتَهُ وَهُوَ ظَالِمٌ لِّنَفْسِهِ قَالَ مَا أَظُنُّ أَن تَبِيدَ هَٰذِهِ أَبَدًا الكهف [35] Listen
And he entered his garden while he was unjust to himself. He said, "I do not think that this will perish - ever. Al-Kahf ( The Cave ) [35] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi