Selasa, 18/06/2024 - 19:37 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

NASA Gandeng Swasta untuk Penelitian Misi ke Mars

NASA telah memesan serangkaian penelitian dari perusahaan luar angkasa swasta dalam upaya untuk merangsang eksplorasi Mars dengan dukungan komersial.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — NASA telah memesan serangkaian penelitian dari perusahaan luar angkasa swasta dalam upaya untuk merangsang eksplorasi Mars dengan dukungan komersial. Langkah ini menandai pergeseran dalam strategi agensi tersebut untuk memanfaatkan inovasi sektor swasta dalam misi antariksa.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Dilansir Tech Crunch pada Kamis (2/5/2024), NASA memberikan 12 “studi konsep” kepada sembilan perusahaan swasta untuk mengeksplorasi layanan terkait Mars, termasuk pengiriman muatan, pencitraan planet, dan relai komunikasi. Meskipun anggaran yang dialokasikan relatif kecil, antara 200 ribu dolar AS (sekitar Rp 3,2 miliar) dan 300 ribu dolar AS (sekitar Rp 4,8 miliar), penelitian ini merupakan langkah pertama yang penting bagi NASA untuk lebih memahami biaya, risiko, dan kelayakan teknologi komersial.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Lembaga Penelitian Eropa Pelajari Dampak Perubahan Iklim pada Samudra Arktik

Perusahaan yang terlibat termasuk Lockheed Martin, Impulse Space, Firefly Aerospace, United Launch Alliance, Blue Origin, Astrobotic, Albedo, Redwire Space, dan SpaceX. NASA menjelaskan bahwa hampir semua proposal yang dipilih akan memanfaatkan proyek yang telah ada dan terbukti, terutama yang berkaitan dengan eksplorasi bulan dan Bumi.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Studi selama 12 minggu ini akan berlangsung hingga bulan Agustus, dengan harapan bahwa hasilnya akan memberikan wawasan berharga bagi NASA dalam merencanakan misi masa depan ke Mars. Meskipun tidak ada jaminan bahwa penelitian ini akan menghasilkan kontrak di masa depan, langkah ini menegaskan keseriusan NASA dalam menggandeng perusahaan swasta untuk merancang paradigma baru dalam eksplorasi luar angkasa.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Blue Origin Terbangkan Astronot Tertua ke Luar Angkasa

Program ini mirip dengan Commercial Lunar Payload Services (CLPS) yang dijalankan NASA, yang memberikan kontrak besar kepada perusahaan swasta untuk mengirimkan muatan ke bulan. Keberhasilan CLPS telah membuktikan potensi besar dari kerja sama antara agensi pemerintah dan industri swasta dalam menjalankan misi antariksa yang lebih efisien dan terjangkau. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

نَّحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ نَبَأَهُم بِالْحَقِّ ۚ إِنَّهُمْ فِتْيَةٌ آمَنُوا بِرَبِّهِمْ وَزِدْنَاهُمْ هُدًى الكهف [13] Listen
It is We who relate to you, [O Muhammad], their story in truth. Indeed, they were youths who believed in their Lord, and We increased them in guidance. Al-Kahf ( The Cave ) [13] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi