Selasa, 21/05/2024 - 03:28 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Kemenperin Gulirkan Program Restrukturisasi Mesin Bagi Industri Makanan

 JAKARTA — Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggulirkan program restrukturisasi mesin dan peralatan produksi tahun 2024 yang dapat dimanfaatkan sektor industri. Termasuk pada sektor industri agro.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Langkah itu guna mendorong penggunaan teknologi terkini yang disediakan produsen dalam negeri. Maka diharapkan memacu hilirisasi industri dan meningkatkan daya saing industri.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Di sektor industri agro, kami sudah menjalankan program restrukturisasi mesin dan peralatan untuk industri pengolahan kayu dan furnitur. Hal ini berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 42 Tahun 2022 tentang Program Restrukturisasi Mesin dan atau Peralatan Industri Pengolahan Kayu,” ujar Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (10/5/2024).

Dirjen Industri Agro menjelaskan, tujuan dari program tersebut, antara lain sebagai penguatan rantai nilai industri kayu olahan dan furnitur melalui optimalisasi aspek teknologi. Selain itu, dapat mendongrak daya saing dan efisiensi produksi industri kayu olahan dan furnitur.

Berita Lainnya:
Modus Gunakan SPK Fiktif dan Rugikan Rp 80 Miliar, Kemenperin Bebastugaskan Pejabatnya

Bahkan, lanjutnya, dengan meningkatnya kapasitas dan mutu produk, akan berdampak pada peningkatan nilai ekspor. Sejak 2022, sebanyak 24 perusahaan pengolahan kayu dan furniture telah mengikuti program restrukturisasi mesin dan peralatan produksi ini. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Jumlah itu terdiri dari sembilan perusahaan pada tahun 2022 dan 15 perusahaan pada 2023, dengan total anggaran mencapai Rp 10 miliar. Tahun 2024 ini, anggaran yang dialokasikan untuk program restrukturisasi mesin dan peralatan di industri pengolahan kayu dan furnitur sebesar Rp 7,5 miliar dengan target peserta 10 perusahaan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Berdasarkan laporan perusahaan penerima dana program restrukturisasi tahun 2022, program ini telah berdampak terhadap peningkatan efisiensi perusahaan sebesar 10-30 persen. Lalu mutu produk 10-30 persen, dan produktivitas perusahaan 20-30 persen,” kata Putu.

Dengan adanya dampak positif tersebut, lanjut dia, program restrukturisasi mesin dan peralatan produksi ini akan diperluas ke sektor industri makanan dan minuman (mamin). Apalagi, industri mamin merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian nasional dan menjadi salah satu sektor prioritas sesuai peta jalan Making Indonesia 4.0.

ADVERTISEMENTS

“Oleh karena itu, beberapa waktu lalu, kami telah menggelar Rapat Koordinasi Kebijakan Restrukturisasi Mesin atau Peralatan di Sektor Industri Makanan dan Minuman. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mendapatkan masukan dari seluruh stakeholders atas rancangan kebijakan program restrukturisasi mesin dan peralatan sektor industri makanan dan minuman,” jelas dia.

ADVERTISEMENTS

Kegiatan yang dilaksanakan di Surabaya ini dihadiri lebih dari 100 peserta, antara lain para pelaku industri di sektor agro, pelaku industri permesinan, serta dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur. Turut hadir juga asosiasi dari industri terkait seperti GAPMMI, HIMKI, ASTRULI, ACBBI, MASSI, ALSINTANI dan GAMMA yang meninjau manfaat kebijakan restrukturisasi ini bagi industri pengolahan dalam negeri.

Berita Lainnya:
Dukung Vokasi, Kemenperin Kembali Gelar Program Jarvis

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi