Selasa, 18/06/2024 - 13:13 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Lansia Kerap Kekurangan 8 Nutrisi Penting Ini, Apa Saja?

 

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Mendapatkan nutrisi yang memadai bisa menjadi tantangan besar bagi kalangan lanjut usia. Kemampuan mengecap makanan pada lansia cenderung menurun sehingga nafsu makan menumpul. Beberapa makanan pun menjadi sulit dikunyah atau dicerna.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

“Seiring bertambahnya usia, tubuh menjadi kurang efisien dalam menyerap beberapa nutrisi penting,” kata pakar diet terdaftar Katherine Tucker, yang merupakan ketua departemen ilmu kesehatan di Northeastern University di Boston, Amerika Serikat.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Itu sebabnya lansia sering kali kekurangan beberapa nutrisi penting. Berikut adalah vitamin dan nutrisi utama yang kerap tidak tercukupi dan perlu menjadi perhatian agar ada cara untuk tetap memenuhinya, dikutip dari laman WebMD, Ahad (12/5/2024):

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

1. Vitamin B12

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Vitamin B12 penting untuk membuat sel darah merah dan menjaga kesehatan fungsi saraf. Lansia disarankan mengonsumsi lebih banyak makanan kaya B12 seperti ikan, daging, unggas, telur, susu, dan produk susu. Sementara, konsumsi suplemen B12 harus sesuai petunjuk dokter.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh
Berita Lainnya:
Memfasilitasi Lansia Berkarya dan Berdaya Guna

2. Folat atau asam folat

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Terlalu sedikit vitamin B esensial ini diketahui berkontribusi terhadap anemia. Lansia yang pola makannya tidak menyertakan banyak buah-buahan dan sayur-sayuran mungkin mengalami kekurangan nutrisi ini. Karena itu, lansia perlu mengonsumsi banyak buah dan sayuran.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

3. Kalsium

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Kalsium memainkan banyak peran dalam tubuh, terutama menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat. Sayangnya, seiring bertambahnya usia, asupan kalsium justru menurun. Disarankan minum susu rendah lemak atau makan kangkung dan brokoli.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

4. Vitamin D

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium, menjaga kepadatan tulang, serta mencegah osteoporosis dan risiko terjatuh. Cara mendapat vitamin D adalah terpapar sinar matahari dan menyantap sereal yang difortifikasi, produk susu, yogurt, salmon, tuna, dan telur.  

5. Kalium

Mineral ini sangat penting untuk fungsi sel dan telah terbukti membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan risiko batu ginjal. Lansia disarankan memenuhi kebutuhan kalium sebanyak 4.700 miligram per hari, dari sumber makanan seperri pisang, plum, dan kentang.

Berita Lainnya:
Bolehkah Area Kewanitaan Diberi Antiseptik? Dokter Bilang Begini

6. Magnesium

Magnesium memainkan peran penting dalam 300 proses fisiologis yang berbeda, fungsinya menjaga sistem kekebalan tubuh, jantung, dan tulang. Banyak makanan utuh mengandung magnesium, termasuk buah, sayuran, kacang-kacangan, serta biji-bijian.

7. Serat

Banyak lansia kekurangan serat, padahal nitutrisi ini penting untuk menjaga sistem pencernaan, juga melindungi dari penyakit jantung. Makanan kaya serat yang harus diperbanyak dalam menu termasuk biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran.

8. Lemak omega-3

Ada banyak manfaat dari lemak tak jenuh ini, termasuk kemungkinan mengurangi gejala artritis reumatoid dan memperlambat perkembangan degenerasi makula terkait usia. Salmon, tuna, sarden, dan makarel sangat tinggi lemak omega-3, juga produk nabati seperti kedelai, kenari, biji rami, dan minyak canola.   

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

سَيَقُولُونَ ثَلَاثَةٌ رَّابِعُهُمْ كَلْبُهُمْ وَيَقُولُونَ خَمْسَةٌ سَادِسُهُمْ كَلْبُهُمْ رَجْمًا بِالْغَيْبِ ۖ وَيَقُولُونَ سَبْعَةٌ وَثَامِنُهُمْ كَلْبُهُمْ ۚ قُل رَّبِّي أَعْلَمُ بِعِدَّتِهِم مَّا يَعْلَمُهُمْ إِلَّا قَلِيلٌ ۗ فَلَا تُمَارِ فِيهِمْ إِلَّا مِرَاءً ظَاهِرًا وَلَا تَسْتَفْتِ فِيهِم مِّنْهُمْ أَحَدًا الكهف [22] Listen
They will say there were three, the fourth of them being their dog; and they will say there were five, the sixth of them being their dog - guessing at the unseen; and they will say there were seven, and the eighth of them was their dog. Say, [O Muhammad], "My Lord is most knowing of their number. None knows them except a few. So do not argue about them except with an obvious argument and do not inquire about them among [the speculators] from anyone." Al-Kahf ( The Cave ) [22] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi