Sabtu, 27/07/2024 - 08:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Dirjen Kementan Kena Semprot SYL Tiap Telat Setoran

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Dirjen Peternakan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan) Nasrullah mengungkapkan pernah jadi target kekesalan mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL). Musababnya karena

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Nasrullah membayar uang setoran terlambat.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Hal itu dikatakan oleh Nasrullah ketika memberi keterangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada Senin (13/5/2024). Nasrullah bersaksi untuk terdakwa eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) dkk. Nasrullah awalnya merasa harus menyanggupi permintaan SYL bersama Dirjen lain di Kementan karena takut dianggap tak setia.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

“Karena ini perintah, kami bisa dianggap tidak loyal jika tidak melaksanakan perintah tersebut,” kata Nasrullah dalam sidang tersebut

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Jaksa KPK lalu membacakan BAP Nasrullah soal ancaman yang pernah diterima karena tak menyanggupi permintaan SYL. “Saya pernah menerima ancaman dan paksaan dari SYL secara tidak langsung saat menjabat sebagai Dirjen Peternakan karena saya sering terlambat atau sepenuhnya tidak mengikuti perintah untuk memenuhi kebutuhan non-budgeter,” ujar Jaksa KPK membacakan BAP Nasrullah.

Berita Lainnya:
Dituntut 12 Tahun Penjara, Ini Respons Syahrul Yasin Limpo
ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Dalam BAP itu, Jaksa KPK mengungkap kejadian tersebut sekitar bulan Juli 2022. Saat itu, SYL mengumpulkan eselon satu Kementan di ruang transit tamu gedung Kementan.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

“Kemudian SYL memberikan arahan, selanjutnya yang bersangkutan dengan nada marah menunjuk saya sambil berbicara dengan kalimat ‘kamu itu kurang loyal’,” ujar jaksa membacakan BAP Nasrullah.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Saat momen teguran tersebut, Nasrullah mengaku diam saja tanpa merespons SYL. Berikutnya, Nasrullah pun dipanggil eks Sekjen Kementan Kasdi Subagyono.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

“Kasdi menyampaikan kepada saya, bahwa peristiwa saya ditunjuk SYL adalah suatu bentuk kemarahan yang bersangkutan kepada saya karena saya dianggap kurang loyal. Pemahaman saya kurang loyal yang dimaksud yaitu sering terlambat memenuhi kebutuhan non-budgeter,” ucap Jaksa KPK membacakan BAP Nasrullah.

Nasrullah tak membantah BAP yang dibacakan oleh Jaksa KPK tersebut.

Sebelumnya, JPU KPK mendakwa SYL melakukan pemerasan hingga Rp 44,5 miliar. Sejak menjabat Mentan RI pada awal 2020, SYL disebut mengumpulkan Staf Khusus Mentan RI Bidang Kebijakan Imam Mujahidin Fahmid, mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementan Kasdi Subagyono, mantan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan Muhammad Hatta dan ajudannya, Panji Harjanto.

Berita Lainnya:
Aliran Duit 'Haram' Kementan: Rp1,9 M ke Keluarga SYL, Rp965 Juta ke NasDem

Mereka lantas diminta melakukan pengumpulan uang “patungan” dari semua pejabat eselon I di Kementan untuk keperluan SYL. Perkara ini menjerat Syahrul Yasin Limpo, Kasdi Subagyono, dan Muhammad Hatta.

Atas perbuatannya, SYL didakwa melanggar Pasal 12 huruf e, atau Pasal 12 Huruf F, atau Pasal 12 huruf B Juncto Pasal 18 Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) Juncto Pasal 64 Ayat (1) KUHP.

Hingga saat ini, SYL juga dijerat dengan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Perkara itu yang di tahap penyidikan oleh KPK.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

قُل لَّوْ كَانَ الْبَحْرُ مِدَادًا لِّكَلِمَاتِ رَبِّي لَنَفِدَ الْبَحْرُ قَبْلَ أَن تَنفَدَ كَلِمَاتُ رَبِّي وَلَوْ جِئْنَا بِمِثْلِهِ مَدَدًا الكهف [109] Listen
Say, "If the sea were ink for [writing] the words of my Lord, the sea would be exhausted before the words of my Lord were exhausted, even if We brought the like of it as a supplement." Al-Kahf ( The Cave ) [109] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi