Rabu, 19/06/2024 - 02:13 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Menggantungkan Harapan Hanya Kepada Allah

JAKARTA — Berharap hanya pada Allah, bukan pada manusia merupakan prinsip yang tercermin dalam banyak ajaran agama. Hal ini menggambarkan keyakinan bahwa hanya Allah yang memiliki kekuatan dan kebijaksanaan mutlak untuk memenuhi harapan dan kebutuhan manusia. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Ketika seseorang mengandalkan Allah, maka ia meletakkan kepercayaan penuh kepada Allah sebagai pencipta dan pengatur segala sesuatu.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Di sisi lain, berharap pada manusia bisa menjadi hal yang riskan. Manusia cenderung tidak sempurna, bisa membuat kesalahan, dan terkadang tidak dapat memenuhi harapan manusia. 

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Kondisi tersebut bisa menyebabkan rasa kecewa, kekecewaan, dan bahkan konflik interpersonal.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Dalam lafadz Ibnu Hibban disebutkan:

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

مَنْ اِلْتَمَسَ رِضَا اللَّهِ بِسَخَطِ النَّاسِ رضي الله عنه وَأَرْضَى عَنْهُ النَّاسَ ، وَمَنْ اِلْتَمَسَ رِضَا النَّاسِ بِسَخَطِ اللَّهِ سَخِطَ اللَّهُ عَلَيْهِ وَأَسْخَطَ عَلَيْهِ النَّاسَ

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh
Berita Lainnya:
Bukan Ibrahim dan Ismail, ini Kisah Kurban Pertama di Dunia

Barangsiapa yang mencari ridho Allah saat manusia tidak suka, maka Allah akan meridhoinya dan Allah akan membuat manusia yang meridhoinya. Barangsiapa yang mencari ridho manusia dan membuat Allah murka, maka Allah akan murka padanya dan membuat manusia pun ikut murka. (HR. Tirmidzi dan Ibnu Hibban). 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Makna dari hadis Allah akan membebaskan seseorang dari ketergantungan manusia adalah Allah akan membuatnya menjadi bagian dari golongan Allah yang dilindungi, dimana mereka yang bersandar pada-Nya tidak akan dilukai. Golongan Allah ini adalah mereka yang berbahagia. 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Sementara itu, arti dari Allah akan membiarkan seseorang bergantung pada manusia adalah bahwa Allah akan membiarkan manusia memiliki kendali atasnya hingga menyakiti dan berlaku zalim terhadapnya.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK
Berita Lainnya:
Kisah Cinta Ibrahim, Sarah dan Hajar, Berjuta Hikmah di Balik Kesabaran Perempuan

Allah berfirman dalam Surat Al-Baqarah ayat 186 yang berbunyi:

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

وَاِذَا سَاَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌۗ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِۙ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Nabi Muhammad) tentang Aku, sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Maka, hendaklah mereka memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (QS. Al-Baqarah: 186). 

Dalam ayat tersebut, Allah menegaskan bahwa setiap umat Muslim yang berdoa hanya kepada Allah tanpa menyekutukan-Nya dengan apapun, maka Allah akan kabulkan setiap permintaannya. 

Oleh karena itu, melalui ayat tersebut merupakan anjuran kepada setiap umat Muslim untuk hanya bergantung dan berharap kepada Allah, bukan kepada manusia.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

فَانطَلَقَا حَتَّىٰ إِذَا رَكِبَا فِي السَّفِينَةِ خَرَقَهَا ۖ قَالَ أَخَرَقْتَهَا لِتُغْرِقَ أَهْلَهَا لَقَدْ جِئْتَ شَيْئًا إِمْرًا الكهف [71] Listen
So they set out, until when they had embarked on the ship, al-Khidh r tore it open. [Moses] said, "Have you torn it open to drown its people? You have certainly done a grave thing." Al-Kahf ( The Cave ) [71] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi