Rabu, 19/06/2024 - 02:44 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Meski Sepupu Nabi, Abdullah bin Abbas Tidur di Emperan Rumah Demi Menuntut Ilmu

JAKARTA —  Abdullah bin Abbas adalah sepupu Nabi Muhammad SAW, tentulah Abdullah bin Abbas orang yang terpandang dan terhormat. Meski begitu, Abdullah bin Abbas rela tidur di emperan rumah demi bisa belajar dan mendapatkan ilmu.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Abdullah bin Abbas terkenal sangat rendah hati dan rajin belajar, bahkan siap menjalani jalan penderitaan demi belajar untuk mendapatkan ilmu. Hingga akhirnya Abdullah bin Abbas mendapat julukan Hibrul Ummah (Pakar Umat) dan Bahrul Ilmi (Samudra llmu). 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Berikut kisah Abdullah bin Abbas belajar demi mendapatkan ilmu. Kisahnya bisa diteladani dan menjadi motivasi bagi generasi sekarang yang sedang belajar dan menghadapi banyak kesulitan.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Sayyidina Abdullah bin Abbas Radhiyallahu anhuma bercerita, “Setelah wafatnya baginda Rasulullah SAW, aku berkata kepada seorang laki-laki Anshar bahwa baginda Nabi SAW telah meninggalkan kita, tetapi banyak sahabat yang masih ada di antara kita. Mari kita temui mereka untuk menanyakan masalah-masalah agama dan kita menghafalkannya.”

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Laki-laki Anshar tersebut berkata, “Apakah orang-orang akan datang kepadamu untuk menanyakan masalah agama, sedangkan sebagian besar sahabat masih hidup?” Singkatnya, laki-laki Anshar tersebut tidak bersedia.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Abdullah bin Abbas melanjutkan ceritanya, “Aku pun terus mencari ilmu-ilmu agama. Jika aku mengetahui bahwa seseorang telah mendengar satu hadits dari baginda Rasulullah SAW, aku langsung mendatangi dan menanyakannya. Aku mendapatkan khazanah ilmu yang sangat banyak dari Kaum Anshar.”

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh
Berita Lainnya:
Apa Hukumnya Haji Berkali-kali ketika Rasulullah Hanya Satu Kali Berhaji?

“Sebagian sahabat yang aku datangi, jika aku tahu dia sedang tidur, maka aku menghamparkan kain untuk duduk di samping pintu rumahnya, walaupun wajah dan tubuhku kotor oleh debu yang dihembuskan angin, aku tetap menunggu. Setelah ia bangun, aku menyampaikan apa yang hendak aku ketahui.” 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Sahabat tadi berkata, “Kamu adalah sepupu baginda Rasulullah SAW mengapa kamu menyusahkan diri? Seharusnya kamu memanggilku saja.” Abdullah bin Abbas menjawab, “Aku sedang menuntut ilmu, jadi akulah yang lebih berhak mendatangimu.” 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Sebagian sahabat yang lain bertanya, “Sejak kapan kamu duduk dan menungguku?” Abdullah bin Abbas menjawab, “Cukup lama.” Sahabat itu berkata, “Kamu telah berbuat sesuatu yang tidak layak, mengapa tidak memberitahu sebelumnya?” Abdullah bin Abbas menjawab, “Hatiku tidak ingin hajatmu tertunda karena kepentinganku.”

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Abdullah bin Abbas mengatakan, “Aku terus mempelajari ilmu darinya. Hingga suatu ketika banyak orang yang belajar ilmu dariku. Laki-laki Anshar yang pernah aku ajak mencari ilmu, baru menyadari dan menyesal seraya berkata bahwa anak ini (Abdullah bin Abbas) ternyata lebih cerdas daripada kita.” (HR Darami)

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Inilah Tiga Kunci Kebahagiaan Hidup di Dunia

Kitab Kisah-Kisah Sahabat yang ditulis Syaikhul Hadits Maulana Muhammad Zakariyya Al-Kandahlawi diterbitkan Pustaka Ramadhan menjelaskan, karena semangat Abdullah bin Abbas dalam mencari ilmu sejak kecil itulah, maka pada masanya Abdullah bin Abbas telah dijuluki Hibrul Ummah (Pakar Umat) dan Bahrul Ilmi (Samudra llmu). 

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Abdullah bin Abbas wafat di Thaif, orang yang mengimami sholat jenazahnya adalah Syaikh Muhammad bin Ali bin Abu Thalib Rahmatullah ‘alaih. 

Syaikh Muhammad Rahmatullah ‘alaih berkata, “Pada hari ini, lmam Rabbani (Pendidik Besar) umat ini telah wafat.” 

Sayyidina Abdullah bin Umar Radhiyallahu ‘anhuma berkata, “Orang yang paling mengetahui Asbabun Nuzul (sebab-sebab ayat Alquran diturunkan) adalah Abdullah bin Abbas Radhiyallahu ‘anhuma.” 

Sayyidina Umar Radhiyallahu ‘anhu telah menempatkan Abdullah bin Abbas dijajaran para ulama terkemuka. Itulah hasil pengorbanan dan kesungguhan lbnu Abbas dalam mencari ilmu. Seandainya ia hanya mengandalkan hubungan kerabat dengan baginda Nabi Muhammad SAW, tentu ia tidak akan mencapai derajat seperti itu.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

الَّذِينَ ضَلَّ سَعْيُهُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَهُمْ يَحْسَبُونَ أَنَّهُمْ يُحْسِنُونَ صُنْعًا الكهف [104] Listen
[They are] those whose effort is lost in worldly life, while they think that they are doing well in work." Al-Kahf ( The Cave ) [104] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi