Senin, 17/06/2024 - 08:33 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Mendag Dorong APEC Menavigasi Ekonomi Kawasan Tumbuh Inklusif

JAKARTA — Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mendorong Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) untuk mengambil peran kunci dalam menavigasi kawasan, jika ingin mengupayakan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan saling terhubung.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Dalam intervensi Sesi I lanjutan pertemuan ke-30 Menteri Perdagangan APEC di Arequipa, Peru, pada Sabtu (18/5/2024) waktu setempat, Zulhas menyebut, untuk dapat mewujudkannya, salah satu upayanya adalah melalui pembahasan agenda Kawasan Perdagangan Bebas di Kawasan Asia Pasifik (Free Trade Area of the Asia-Pacific/FTAAP).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Zulhas menyatakan, Asia Pasifik dapat dilihat sebagai kawasan yang paling dinamis dan menarik di dunia. Dalam hal ini, APEC perlu mengambil peran kunci untuk menavigasi kawasan tersebut agar memiliki pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan saling terhubung.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

“Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah melalui agenda FTAAP,” ujar Zulkifli melalui keterangan di Jakarta, Ahad (19/5/2024).

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Mendag: Tabung Berkarat Sebabkan Volume LPG 3 Kg Berkurang

FTAAP menjadi salah satu kekuatan pendorong dalam memajukan integrasi ekonomi regional. Satu hal yang ia tekankan, keberadaan FTAAP harus saling melengkapi dengan APEC itu sendiri dalam meningkatkan perdagangan dan investasi.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Zulhas menyampaikan, APEC dipandang sebagai inkubator ide dan FTAAP perlu dilihat sebagai katalisator dari ide-ide tersebut. Untuk tujuan tersebut, perlu dilakukan beberapa hal, antara lain kerja sama harus menjadi inti dari FTAAP.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Meskipun terdapat banyak perbedaan yang teridentifikasi dalam berbagai perjanjian dan inisiatif perdagangan antar-Ekonomi APEC, kita perlu fokus untuk mengatasi ini melalui FTAAP. “Oleh karena itu, berinvestasi dalam peningkatan kapasitas adalah faktor penting untuk membangun area-area konvergensi, terutama bagi Ekonomi berkembang dan kurang berkembang di APEC,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Selain itu, diskusi mengenai FTAAP perlu pendekatan yang lebih berimbang dan fleksibel. Hal ini bertujuan untuk mengatasi perbedaan kapasitas dan kemampuan Ekonomi APEC untuk melaksanakan agenda FTAAP.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024
Berita Lainnya:
Stok Beras Bulog Tembus 1,8 Juta Ton, Prioritas Penyerapan Dalam Negeri

Hal lainnya adalah manfaat FTAAP perlu terdistribusi secara merata dan saling menguntungkan bagi semua Ekonomi. Kondisi ini diharapkan dapat membantu Ekonomi berkembang dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

“Karena itu, FTAAP dapat memperluas inklusivitas dan pembangunan berkelanjutan dengan memastikan tidak ada pihak yang tertinggal,” ujar Zulhas.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Ia mengapresiasi upaya-upaya yang telah dilakukan dalam FTAAP seperti inisiatif kebutuhan peningkatan kapasitas, eksplorasi isu-isu perdagangan dan investasi generasi baru, serta mekanisme berbagi informasi tentang perjanjian dagang. Ia berpandangan, upaya-upaya ini tetap menjadi opsi efektif untuk memfasilitasi dan memajukan diskusi FTAAP agar lebih inklusif, adil, dan saling menguntungkan.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

“Saya berharap dapat bekerja sama dengan rekan-rekan menteri untuk membawa kesejahteraan bagi masyarakat di kawasan Asia Pasifik,” ucapnya.

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

أَمَّا السَّفِينَةُ فَكَانَتْ لِمَسَاكِينَ يَعْمَلُونَ فِي الْبَحْرِ فَأَرَدتُّ أَنْ أَعِيبَهَا وَكَانَ وَرَاءَهُم مَّلِكٌ يَأْخُذُ كُلَّ سَفِينَةٍ غَصْبًا الكهف [79] Listen
As for the ship, it belonged to poor people working at sea. So I intended to cause defect in it as there was after them a king who seized every [good] ship by force. Al-Kahf ( The Cave ) [79] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi